Cara membuka charger laptop

Tuesday, April 17th 2012. | GADGET, TEKNOLOGI, TIPS

ChargerLaptop Cara membuka charger laptopCara membuka charger laptop. Mungkin anda pernah mengalami masalah pada laptop anda dimana ketika anda mengecas laptop anda namun aliran listriknya tidak masuk. Hal ini bisa terjadi karena kabel bagian dalam putus atau ada komponen bagian dalam adaptor yang lepas, nah, inilah kesulitan yang kadang ditemui ketika akan membuka box adaptor karena direkatkan dengan lem yang super kuat, sehingga untuk membukanya membutuhkan sedikit trik dan usaha yang maksimal.

Adaptor atau charger laptop merupakan alat yang memiliki peran sangat penting  dari laptop itu sendiri, karena tanpa charger ini, anda tidak akan bisa menyimpan energi ke baterai laptop anda. Dan sudah bukan rahasia lagi bahwa alat yang satu ini cukup mahal harganya jika ingin membeli yang baru, apalagi yang original. Olehnya itu perlu diperhatikan juga perawatan terhadap adaptor atau charger laptop anda.

Bermula dari charger (dibaca :cas) laptop saya mengalami masalah yaitu aliran listrik tidak dapat mengisi baterai, dan dari perkiraan adik saya yang kebetulan jurusan elektronika memperkirakan ada komponen dalam adaptornya yang putus atau lepas. Mulailah dia mencoba untuk membukanya meski ini pertama kali dilakukannya. Masalah kemudian muncul ketika hendak membuka casing dari adaptor/charger tersebut ternyata tidak mudah, karena perekat (lem) yang digunakan sangatlah keras rekatannya. Sehingga dia hampir putus asa untuk memperbaikinya. Tiba-tiba muncul ide dari kepalaku untuk mencoba bertanya kepada mbah google dan triiiiiiiinggg…. dapat solusinya.

Ternyata, cara termudah membuka casing adaptor/charger laptop ini adalah dengan membubuhi minyak kayu putih pada bagian casing yang direkatkan. Cara Selengkapnya begini :

  • Ambillah sebotol minyak kayu putih terserah merek apa saja.
  • Bubuhi minyak kayu putih secara keseluruhanbagian charger/adaptor yang merupakan bagian yang direkatkan (pada garis tengah).
  • Diamkan selama 10 menit
  • Cobalah mencungkil bagian yang terekat tadi dengan menggunakan Obeng plat yang tipis secara perlahan hingga keseluruhan bagian terbuka.
  • Silahkan periksa bagian atau komponen yang lepas, putus atau yang rusak
  • Selamat mencoba

Demikian tips Cara memperbaiki casing laptop yang rusak dari saya, dan semoga dengan membaca artikel sudah dapat mempraktekkan Cara membuka charger laptop.

tags: , , , , , ,