Kamera super tajam 50 Gigapixel

Friday, June 22nd 2012. | GADGET, TEKNOLOGI

kamera 50 gigapixelSebuah Kamera super tajam 50 Gigapixel mampu menciptakan kualitas gambar yang belum pernah terjadi sebelumnya kini telah diresmikan oleh insinyur AS. Mesin prototipe yang dijuluki AWARE2 – mampu mengambil gambar dengan resolusi hingga 50 gigapixels, setara dengan 50.000 megapixel, Saat ini, kebanyakan konsumen kamera di pasaran umumnya mampu mengambil foto mulai dari 8 hingga 40 megapixel. Pixel pada dasarnya merupakan titik-titik terkecil dari sebuah gambar yang menyatu dan membentuk sebuh obyek. Semakin tinggi jumlah piksel, maka resolusi gambar yang dihasilkan semakin baik pula. Para peneliti percaya bahwa dalam lima tahun, komponen dari elektronik yaitu kamera akan semakin kecil dan lebih efisien, generasi kamera berikutnya adalah gigapixel yang harus tersedia untuk masyarakat umum.

Menurut tim dari Duke University di North Carolina. Camera ini bekerja dengan sinkronisasi 98 kamera kecil dalam satu perangkat. Kamera ini dikembangkan oleh tim yang dipimpin oleh insinyur David Brady dan Michael J. Fitzpatrick, profesor Teknik Listrik di Sekolah Pratt Duke of Engineering, bersama dengan para ilmuwan dari Universitas Arizona, dan University of California.

kamera resolusi terbesar

“Setiap salah satu microcameras menangkap informasi dari wilayah tertentu dari bidang pandang, Sebuah prosesor komputer dibenamkan sebagai sumber informasi yang akan menerjemahkannya menjadi gambar yang sangat rinci. Dalam banyak kasus, kamera dapat menangkap gambar dari hal-hal yang tidak bisa dilihat oleh fotografer itu sendiri tetapi kemudian dapat diketahui setelah foto tersebut dilihat kemudian.” kata Brady.

kamera tercanggih

50 gigapixels merupakan batas maksimal dari resolusi sebuah kamera karena itu adalah batas presisi teknologi lensa-manufaktur,  karena jika lebih dari itu maka akan melebihi batas resolusi dari atmosfer, yaitu apa yang dapat dilihat melalui semua molekul udara antara kamera dan subjek. Jadi tidak mengherankan bahwa mereka sedang mempertimbangkan pencitraan pada saat itu ukuran untuk astronomi bukan fotografi darat dengan inovasinya Kamera super tajam 50 Gigapixel.

tags: , , , , , , , , , ,