Ranking Sepak Bola Dunia

Saturday, June 23rd 2012. | SEPAK BOLA, SPORT

ranking Ranking Sepak Bola DuniaRanking Sepak Bola Dunia secara akumulasi di nilai dari prestasi dari sebuah negara mulai dari pertandingan persahabatan, kejuaraan, piala benua, piala dunia dan pertandingan lainnya. Ranking ini intinya menitik beratkan pada prestasi sepak bola suatu negara  yang di hitung dalam bentuk kalkulasi poin pada setiap pertandingan seperti saat ini yang menduduki peringkat pertama dunia yakni Spanyol yang keluar sebagai Juara Piala Dunia pada tahun 2012.

Berikut ini contoh kalkulasi raihan poin dari Tim Spanyol :

kalkulasipoin Ranking Sepak Bola Dunia

Beberapa negara lain yang juga langganan ranking teratas besar dunia biasanya merupakan negara dengan predikat liga terbaik. Seperti di Benua Eropa seperti Liga Italia, Liga Inggris, Liga Spanyol dan Liga Jerman. Ke empat negara ini hampir selalu menjadi langganan 10 besar dari tahun ke tahun, sementara di Benua Amerika ada Brasil dan Argentina yang jadi negara andalannya. Dan hampir setiap Tahun hanya 2 benua ini yang mendominasi rangking sepak bola dunia.

Indonesia yang dulu dikenal dengan macan asia kini terpuruk di urutan 150-an walaupun pada tahun 2011 sempat menduduki peringkat 126 pada awal tahun 2011, lalu turun di peringkat ke 135 pada bulan November 2011. Tampak prestasi yang dari waktu ke waktu semakin terpuruk. Inilah akibat dari manajemen PSSI yang amburadul, mulai dari dualisme kompetisi, kerusuhan sporter, pengelolaan tim yang tidak profesional dan masih banyak lagi permasalahan di tubuh PSSI sebagai induk organisasi persepakbolaan Indonesia.

Kompleksitas masalah ini tidak terlepas dari peran dan perhatian pemerintah yang seharusnya mengkaji dan mengevaluasi kelemahan ini. Sangat Ironis, memilukan sekaligus memalukan negara dengan penduduk 230 juta ini hanya membutuhkan 11 orang saja sangat susah. Seharusnya Indonesia sadar dan belajar dari Jepang yang telah menduduki ranking 23 dunia (update Juni 2012). Malah yang banyak muncul kasus korupsi di lingkup kementerian olah raga itu sendiri. Bagaimana Sepak bola kita bisa maju jika para pemimpin hanya memikirkan perut mereka masing-masing?

Andai saja pemerintah membuat terobosan baru dengan menganggarkan pencarian bibit dan bakat remaja di dunia sepak bola sebanyak 30 yang umurnya berkisar 15-17 tahun tentu saja dengan seleksi yang ketat tanpa indikasi KKN lagi, misalnya standar tinggi minimal 170, skill di atas rata-rata, kecepatan lari, body balance, shoot accuracy dan lain-lain. Lalu ke 30 orang hasil seleksi tersebut di kirim ke sekolah sepak bola luar negeri seperti di sekolah sepak bola Barcelona, Real Madrid dan Manchester United. Berikan uang pembinaan kepada mereka 2 Milyar per orang untuk kebutuhan hidup dan keluarganya selama di luar negeri. Saya rasa anggaran 60 Milyar adalah kecil buat anggaran sebuah kementerian, tapi jangan di korupsi lagi yah! Lakukan ini secara priodik dan berkala, buat kader dari tahun ke tahun. Kalo ini dijalankan, insya Allah 5 tahun mendatang Indonesia bisa nangkring minimal di urutan 20 besar dunia.

Untuk mengetahui ranking atau peringkat sepak bola dunia, silahkan lihat tabel di bawah ini :

Demikianlah perolehan ranking sepak bola dunia dan saya berharap di masa mendatang Indonesia masuk di urutan 10 besar.

tags: , , ,