6 Fakta Unik Hewan Primata

Wednesday, August 8th 2012. | SERBA-SERBI

primata6 Fakta Unik Hewan Primata. Hewan primata salah satu mahluk yang dapat hidup berkelompok, berkomunikasi, menggerakkan mata, tangan, bermain, bercanda bahkan berkelahi. Memiliki keunikan dan kemiripan yang paling mendekati dengan manusia dan keunikan ini dirangkum dalam 6 Fakta Unik Hewan Primata berikut ini :

1. Orang Utan

Orang Utan

Orang Utan

Orang Utan merupakan hewan asli milik Indonesia tepatnya di Sumatera dan Kalimantan. Hewan yang memiliki tinggi 1,25 m sampai 1,5 meter ini mempunyai ciri khas berambut merah pucat dan panjang serta kulit berwarna jingga atau merah. Selain merupakan hewan asli Indonesia, Orang Utan betina ternyata adalah hewan primata yang cukup hebat karena mwnghabiskan seluruh waktunya di pohon untuk membuat 30 ribu sarang atau rumah sambil menggendong anaknya. Keunikan lainnya adalah Orang Utan betina bisa mengenali jenis pohon yang bisa mengusir nyamuk sehingga sarangnya terhindar dari serangan nyamuk.

2. Simpanse

Simpanse

Simpanse

Hewan mamalia yang masih memiliki hubungan famili dengan manusia, gorila dan orang utan ini sering kali menampakkan deretan gigi-giginya seperti sedang tersenyum lebar padahal semyuman yang ditunjukkan oleh simpanse tersebut adalah ekspresi ketakutannya. Sementara ketika seekor simpanse sedang bahagia, dia akan memperlihatkan gigi-gigi bawahnya saja dan yang harus diwaspadai adalah ketika simpanse merapatkan kedua bibirnya erat-erat, karena hal itu menandakan bahwa ia sedang siap-siap untuk menyerang.

3. Monyet Hidung Pesek

Monyet Hidung Pesek

Monyet Hidung Pesek

Hewan primata yang satu ini merupakan salah satu primata baru yang ditemukan di bagian utara kawasan hutan Myanmar. Ciri khas dari monyet ini adalah memiliki ekor yang panjang, warna tubuh yang hitam, daun telinga putih dan jenggotnya juga berwarna putih. Namun, ada sebuah fakta unik yang dimiliki oleh Monyet Hidung Pesek ini yakni kebiasaannya bersin pada saat hujan saja. Hal ini disebabkan karena hidungnya pesek dan lubang hidungnya mendongak ke atas membuat monyet ini bersin keras ketika hujan turun.

4. Gorila

Gorila

Gorila

Hewan yang masih berkerabat dengan monyet, kera, dan manusia ini dapat hidup hingga lebih dari 50 tahun, tingginya bisa mencapai 6 meter dan berat 136 Kg hingga 227 Kg. Sama seperti manusia, seekor gorila mampu mengekspresikan berbagai perasaan hatinya, bahkan disaat gorila menangis, ia menangis tidak dengan air mata namun ia menangis melalui suaranya. Tetapi di balik sosoknya yang besar, banyak manusia yang mengira gorila adalah hewan yang buas dan keras tapi kenyataannya tidak. Hewan yang banyak mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan ini sebenarnya hewan yang tenang, pendiam dan pemalu dengan sedikit musuh selain manusia. Hanya ketika marah saja gorila betina mengekspresikannya dengan berdiri, meraung, dan memukul-mukul dadanya. Tapi sebenarnya gorila jarang menyerang manusia ataupun binatang lain.

5. Kera Howler

Kera Howler

Kera Howler

Hewan  yang banyak hidup di hutan lebat Amerika Tengah dan Selatan ini mempunyai cara yang unik untuk menandai wilayah mereka atau menunjukkan tanda bahaya yaitu dengan cara menjerit. Kera Howler membuat bunyi dengan mengeluarkan udara melalui tulang bolong yang sangat besar yang ada ditenggorokannya. Suara jeritan hewan ini bisa terdengar hingga jarak lebih dari 1600 meter atau kurang lebih 2 mil, dan suara jeritan Howler jantan lebih besar dari howler betina.

6. Monyet Capuchin

Monyet Capuchin

Monyet Capuchin

Monyet yang hidup di Amerika Selatan dan Tengah ini menghabiskan waktu mereka dengan hidup berkelompok yang terdiri dari 10 hingga 30 ekor dalam 1 kelompok yang dipimpin oleh seekor monyet jantan. Selain cerdas, Monyet Capuchin ternyata memiliki resep khusus menarik perhatian monyet betina, caranya dengan menggunakan air seni atau urinnya . Capuchin jantan akan melumuri tubuhnya dengan urinnya, dengan begitu Capuchin betina akan bereaksi ketika mencium bau urin dari sang jantan dan akan mengetaui keberadaan Capuchin jantan.

Demikianlah 6 Fakta Unik Hewan Primata.

tags: , , , , , , , ,