Eksperimen Energi Terbesar Jerman

Wednesday, August 15th 2012. | INTERNASIONAL, TEKNOLOGI

Germany EnergiewendeEksperimen Energi Terbesar Jerman. Jerman telah memutuskan untuk mengejar ambisi pengurangan emisi gas rumah dan menutup sementara pembangkit nuklirnya. Ini sehubungan dengan pemanasan globan dan kampanye Go green MDG’s (Millenium Development Goal’s)

Sepanjang jalan pedesaan di Jerman bagian Barat negara bagian Nordrhein-Westfalen tinggal seorang petani bernama Norbert Leurs yang ramah berusia 36 tahun dengan telapak tangan yang tebal, ia memiliki dua anak dan sampai saat ini bekerja sebagai petani kentang dan memlihara babi. Tapi siapa yang menyangka bisnis terbarunya menunjukkan pergeseran yang luar biasa dalam kebijakan energi ekonomi terbesar di Eropa. Pada tahun 2003, sebuah perusahaan kecil mendirikan turbin 70 meter di desanya dan Leurs mendapat bagian dari proyek yang menempati lahannya. Leurs mendapatkan 6 persen hasil dari penjualan listrik, dengan pendapatan ke sekitar $ 9,500 per tahun. dan Dia mempertimbangkan untuk menambahkan dua atau tiga turbin, masing-masing dua kali lebih tinggi dari turbin yang pertama.

Keuntungan dari turbin yang terhitung masih kecil membuat Leurs berfikir untuk membuat panel surya. Pada tahun 2005 Leurs mengetahui bahwa pemerintah sedang membutuhkan pengadaan lokal tenaga surya atap dengan bayaran tinggi, inilah yang dimanfaatkan oleh Leurs. Dia mulai dengan mengeluarkan pinjaman secara bertahap selama tujuh tahun. Salah satu langkah untuk mensukseskan misinya, dia menutup kandang babi dan gudangnya dan menggantikannya dengan panel surya. Dari instalasi 690 kilowatt yang dihasilkan, sekarang dia telah mengumpulkan $ 280.000 setahun, dan dia mengharapkan lebih dari $ 2 juta total keuntungan bersihnya setelah membayar pinjamannya.

Cerita mengenai bantuan Leurs yang menjelaskan bagaimana Jerman mampu menghasilkan 20 persen listrik dari sumber terbaru pada tahun 2011, naik dari 6 persen pada tahun 2000. Jerman telah memberi jaminan harga tinggi untuk angin, biomassa surya, dan pembangkit listrik tenaga air. Dan orang yang seperti Leurs dan perusahaan listrik kecil yang membangun turbin bersama rekannya telah menginstal teknologinya sendiri dan telah menghasilkan keuntungan yang pasti.

pembangkit listrik Jerman

Apa yang akan terjadi selanjutnya tidak begitu mudah. Pada tahun 2010, pemerintah Jerman mengumumkan bahwa akan mengambil alih pembangkit energi yang populer yang disebut Energiewende, atau revolusi energi. Ini beralih dari bahan bakar fosil ke energi terbaru yang telah banyak digunaka oleh beberapa negara maju: ini bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca 40 persen dari tahun 1990 ke tahun 2020, dan 80 persen pada pertengahan abad. Tujuannya adalah membuktikan bahwa Jerman sudah menghasilkan lebih dari 20 persen listrik dari nuklir, dan memproduksi gas rumah kaca hampir tidak ada. Kemudian tahun lalu, menanggapi keprihatinan publik atas bencana pasca tsunami nuklir di Fukushima, Jepang, Kanselir Angela Merkel memerintahkan delapan pembangkit nuklir tertua Jerman segera ditutup. Beberapa bulan kemudian, pemerintah merampungkan rencana untuk menutup sembilan sisa tahun 2022. Sekarang Energiewende hampir memenuhi seluruh kebutuhan listrik Jerman.

tags: , ,