Arti Sahabat Sejati

Wednesday, September 5th 2012. | SERBA-SERBI

sahabat sejatiArti Sahabat Sejati tak akan pernah lekang ditelan jarak dan waktu, Sahabat sejati tak akan dapat diukur dengan materi. Eksistensi seorang sahabat sejati akan selalu melekat dalam diri sanubari saat suka maupun duka, Dia akan berlaku laksana lilin yang rela pupus demi menerangi orang lain bukan seperti bayangan yang tatkala terang dia hadir dan akan menghilang saat gelap. Itulah hakikat seorang sahabat sejati.

Aristoteles pernah berkata :

Ketika engkau berhasil, maka teman-temanmu mengetahui siapa sebenarnya anda, dan ketika gagal anda akan mengetahui siapa sebenarnya temanmu.

Arti ungkapan diatas sangat jelas menggambarkan bahwa akan tampak perbedaan yang sangat jelas siapa sebenarnya sahabat sejati anda. Tidak sedikit di antara kita yang kadangbersahabat dengan seseorang yang ternyata selama ini kita salah menilainya. Dia ada ketika saat kita lagi berlimpah dan bergelimangan harta atau dalam posisi yang menguntungkan namun ketika kita sedang terpuruk, mengucap kata “hai” saja terasa begitu sulit baginya. Tak teringat lagi kenangan atau segala pemberian anda untuknya, seolah-olah kita tak pernah hadir dalam kehidupannya.

Hal yang paling parah adalah ketika semua keburukan bahkan aib yang dia ketahui akan menjadi konsumsi orang lain yang seharusnya ia sembunyikan. Sungguh kemalangan yang tak terbayangkan sebelumnya.

Harus diakui bahwa sahabat sejati tidak akan tercipta secara instant melainkan butuh proses yang panjang seperti besi yang menajamkan besi, bukan seperti api yang membakar kayu atau embun dan sinar matahari yang menjadikannya tiada.

Sahabat sejati akan selalu berada disamping kita dan bersedia menjadi pendengar setia untuk menyimak setiap butiran keluhan dan kegalauan yang kita alami, dia yang dengan sabar mengusap rambut dan membasuh air mata yang terlanjur membasahi pipi kita. Dia sanggup memberi solusi setiap masalah yang kita hadapi bahkan rela berkorban demi melihat kita tak lagi dalam kegundahan. Rahasia bahkan aib akan disembunyikannya bak intan yang berharga dalam hati dan memorynya.

Sahabat sejati adalah dia yang akan mengungkapkan keburukanmu di hadapanmu dan menceritakan kebaikanmu di hadapan orang lain.

Kehadiran sahabat sejati akan sangat berarti tatkala kita dirundung malang. Begitu lekat dan begitu bermaknanya dia masa-masa itu dan yakinlah tak akan pernah terlupakan kenangan itu meski kita tlah berpisah jauh. Dia akan kekal dalam sanubari dan tak akan ada yang mampu menghapusnya dan dia yang mengerti akan Arti Sahabat Sejati.