Cara mengatasi masalah

Friday, September 7th 2012. | NASEHAT, RELIGY, SERBA-SERBI, TIPS

stress beratCara mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari sangat tergantung dari kemampuan anda mengelola potensi yang ada pada diri anda sendiri, Jangan menunggu orang lain menyelesaikan masalah anda. Masalah bukan untuk dihindari tapi untuk dihadapi dan dicarikan solusi bagaimana keluar dari masalah tersebut dan jangan pernah mengeluh akan setiap masalah yang anda hadapi! baik itu masalah kecil maupun masalah yang anda anggap berat. Intinya, masalah kecil jangan diperbesar, masalah besar berusalah untuk memperkecilnya.

Kegagalan adalah suatu hal yang manusiawi dan merupakan proses untuk menuju ke puncak kesuksesan. Berapa banyak orang sukses yang kita saksikan saat ini adalah buah dari ratusan bahkan ribuan dari kegagalan yang telah dilaluinya. Kita mungkin pernah mendengar petuah yang mengatakan,”Pelaut yang tangguh bukan mereka yang lahir dari laut yang tenang“. Hanya merekalah yang gigih berjuang dan tanpa putus asa yang mampu meraih impiannya untuk menjadi orang besar dan mendapat penghargaan dari orang di sekelilingnya.

Inspirasi dari Cerita kegagalan sang penemu lampu pijar Thomas Alva Edison yang melakukan percobaan hingga 999 kali dan berhasil pada percobaan yang ke 1000. Ini menggambarkan bahwa semua butuh proses. Kalo gagal, coba lagi, coba lagi, dan coba lagi hingga akhirnya akan berhasil. Pelajarilah, apa yang membuat anda gagal, mengapa bisa gagal, lalu bagaimana caranya agar tidak gagal lagi. Ungkapan lain mengatakan “Minta ciumlah pada 10 cewek di pinggir jalan, 9 orang yang menamparmu tapi bukankah yang ke-10 menentukannya?“… Ditampar lagi kaleee? heheheheh

Dalam penggalan sair dari lagu dewa 19 memberikan sebuah makna yang mendalam :

Jalan kita masih panjang, Masih ada waktu tersisa
Coba kuatkan dirimu, Jangan terhenti di sini

Atau penggalan dari group band D’Masiv yang berjudul “Jangan Menyerah” berikut ini:

Tak ada manusia, Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali, Segala yang telah terjadi

Tuhan pasti kan menunjukkan, Kebesaran dan kuasanya
Bagi hambanya yang sabar, Dan tak kenal putus asa

Dalam kekalutan dan kegalauan, mungkin anda pernah bertanya dalam hati, “Mengapa aku yang harus menuai badai padahal aku tak pernah menabur angin?” Mengapa semua ini harus terjadi, apa salah dan dosaku yaa Allah? Aku tak sanggup lagi dengan semua ini. Andai bunuh diri itu tidak haram mungkin itulah solusi buatku saat ini. Aku tak sanggup lagi yaa Allah.

Namun Allah secara Gamblang menjawabnya dalam Surah Al-Baqarah ayat 286 :

Al Baqarah 286

Artinya :

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.”

Sobat….!

Menjalani hidup ini haruslah kita bersikap seperti air yang mengalir dari hulu, walaupun melalui berbagai rintangan yang berilku-liku namun akhirnya menuju ke muara jua. Hanya orang yang sabar dan tabahlah yang mampu menaklukkan itu semua. Sabar bukan berarti tinggal berpangku tangan dan menunggu keajaiban datang, melainkan menerima kondisi yang ada dan mencari jalan keluar masalah yang dihadapi lalu mengambil tindakan untuk segera keluar dari masalah tersebut. Itulah esensi dari sikap sabar yang sesungguhnya.

Ingatlah Kawan !

Badai kan pasti berlalu
Habis gelap terbitlah terang
Di balik kesusahan, ada kebahagiaan yang dijanjikan Allah, dan
Jika engkau sabat telusuri malam, pastilah akan ketemu pagi

Sebagai kesimpulan, Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, bersikaplah arif menghadapi setiap masalah, Jangan menjadi pribadi yang manja, Jadilah pribadi yang mandiri yang siap untuk mengatasi masalah.

tags: , , , , , , , , , ,