Popularitas Facebook mengalahkan Google

Monday, September 17th 2012. | INTERNET, TEKNOLOGI
facebook vs Google

facebook vs Google

Popularitas Facebook mengalahkan Google saat ini, terbukti dari hasil tes beberapa tools yang saya gunakan menghasilkan bahwa facebook saat ini menempati urutan pertama dari seluruh website/situs yang ada di dunia. Google berada di peringkat kedua lalu disusul youtube di posisi ke 3 dan posisi ke 4 di tempati oleh yahoo, Sementara Social network yang cukup populer Twitter hanya berada di posisi ke 8. Posisi rangking popularitas ini diserahkan langsung kepada alexa yang menilai banyaknya pengunjung suatu situs dari waktu ke waktu. Untuk memastikan hal ini anda bisa menggunakan beberapa tools seperti situs cekPR.com, Checkpagerank.net atau menggunakan addons mozilla firefox seoquake.

Google vs Facebook

Mengapa Facebook lebih populer?

Kita ketahui bahwa, 70% pengguna internet adalah usia remaja dan dewasa yang berusia sekitar 14-35 tahun yang umumnya pengguna pada klaster ini cenderung lebih banyak bersosialisasi dan berinteraksi terhada sesama teman, kolega dan partnernya sehingga mereka lebih nyaman dan familiar menggunakan facebook ketimbang social network yang lain. Dan Jejaring sosial yang paling lengkap fasilitasnya saat ini belum ada yang mampu mengalahkan facebook, mulai dari room chart, group, fans page, upload gambar, upload video, Search box, dan masih banyak lagi yang tidak dimiliki oleh social network yang lain.

Mark Zuckerberg sang pemilik situs jejaring sosial ini pernah ditawar pada tahun¬†2007 oleh Microsoft yang empunya orang terkaya di dunia Bill Gates dengan harga yang fantastis yakni seharga Rp. 135 Trilliun Namun mas Zuckerberg menolak mentah-mentah bahkan menantang Microsoft dengan mengatakan “Bagaimana kalo Kami yang membeli Microsoft seharga itu?”. Bahkan Google sebagai mesin pencari nomor 1 di dunia sempat melakukan kerja sama dengan facebook dalam hal pengiklanan (Baca : google adsense) namun hal ini terhenti karena sharing profit yang diterima oleh facebook dianggap merugikan ketimbang dia memasang sendiri iklan pada situsnya sendiri. Dan Zuckerberg sempat berujar bahwa suatu saat facebook akan mengalahkan popularitas google, dan hal ini telah terbukti sekarang.

Keberhasilan facebook tidak lepas dari tim kerja atau pegawai facebook yang rata-rata adalah anak muda yang umumnya ahli dalam hal programmer dan didukung oleh salah satu adik Zucerberg (Arielle Zuckerberg) bekerja di Google. Sehingga upgrade dan maintenance selalu apik dalam pengerjaannya. Dan kita lihat saja nanti apakah popularita facebook akan tetap bertahan dan mampu bertahan di posisi puncak, walaupun faktanya sekarang Popularitas Facebook mengalahkan Google.

tags: , , , , , , , , , ,