Pesawat Jatuh di Sekitar Bandara Husein Sastranegara

Saturday, September 29th 2012. | BERITA, NASIONAL

SBravo 202ebuah Pesawat Jatuh di kompleks Bandara Husein Sastranegara pukul 11.35 WIB 29 September 2012, dalam ajang Bandung Air Show. Salah seorang saksi mata mengatakan bahwa Pesawat jatuh ketika mencoba melakukan manuver di udara dan tiba-tiba jatuh terjerembab ke tanan dan meledak lalu mengeluarkan kepulan asap yang besar. Pesawat yang jatuh tersebut berwarna merah putih yang awalnya disinyalir jenis pesawat extra 300, buatan indonesia. Namun setelah dikonfirmasi oleh kapten pilot Jefry Adrian, ternyata pesawat jenis pesawat Bravo 202. Kejadian serupa juga pernah terjadi pada tahun 2010 pada  acara yang sama ketika pesawat tersebut terbang terlalu rendah ketika melakukan manuver.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran telah meluncur ke lokasi kejadian dan melakukan pemadaman terhadap pesawat Bravo 202 ini. Pesawat Bravo 202 merupakan pesawat sipil dengan tempat duduk 2 dan biasa digunakan dalam pertunjukan atau manuver udara. Pesawat Bravo 202 juga biasa digunakan sebagai pesawat latih angkatan udara yang telah di service.

pesawat bravo 202 jatuh

Lokasi kejadian tepatnya di dekat Mesjid Habiburrahman di belakang gedung Litbang angkatan udara yang dikendarai oleh 2 orang awak yakni Pilot Dr. Norman dan seorang awak bernama Tomy yang nyawanya tak dapat tertolong lagi. Rencananya korban yang telah di evakuasi rencananya akan di bawa ke rumah sakit Salamun atau Hasan Sadikin.  Pesawat yang jatuh menimpa sebuah kantin di sekitar gedung AURI. Sebelum jatuh, pesawat sempat melakukan manuver sebanyak 5 kali dan dan terbang terlalu rendah yang selanjutnya jatuh dan menabrak kantin sehingga menimbulkan suara ledakan yang selanjutnya terbakar dan mengeluarkan kepulan asap.

Penyeba Kecelakaan ini diperkirakan bukan karena faktor pesawat, melainkan karena kesalahan manuver saja karena terbang terlalu rendar. Tutur Rudi Sudibyo salah seorang sahabat Dr. Norman yang merupakan pengamat penerbangan. demikianlah informasi tentang Pesawat Jatuh di Sekitar Bandara Husein Sastranegara.