Seberapa Pentingkah Kepala Anda?

Friday, October 26th 2012. | NASEHAT, RELIGY, SERBA-SERBI, TIPS

kepalaSeberapa pentingkah Kepala anda? Yah, Sebuah pertanyaan yang kelihatannya biasa-biasa saja namun jika ditelusuri ternyata kita akan temukan jawabannya betapa berharganya yang namanya kepala. Mungkin anda pernah melihat orang hidup dan bekerja tanpa tangan, atau pernah melihat orang yang hidup tanpa kaki, atau orang yang hidup tanpa anggota tubuh lainnya. Tapi pernahkan anda melihat orang yang berjalan tanpa kepala? Saya rasa itu hal yang mustahil. Ini sebagai pengantar Seberapa pentingkah kepala anda?

Kepala bisa mencintrakan ekspresi seseorang. orang menolak biasanya menggelengkan kepala, orang berfikir biasaya memegang kepala (kalo ada yang berfikir memegang lutut, mungkin otaknya di lutut, heheh), orang menganggukan kepala tanda setuju, orang malu dengan menundukkan kepala, orang merasa bangga dengan kepala mendongak, orang kesal dengan memukul kepala, dan masih banyak lagi cara orang mengekspresikan suasana hatinya dengan anggota tubuh yang bernama kepala.

Beberapa anggota tubuh dari seseorang itu jika disentuh tidak akan keberatan, tapi sebagian besar atau pada umumnya orang akan keberatan ketika secara tiba-tiba menyentuh kepala mereka, ini membuktikan betapa berharganya anggota tubuh ini

Beberapa kata kiasan tentang kepala :

  • Besar kepala : Sombong/bangga
  • Keras kepala : Tidak mau mendengar
  • Ringan kepala : Orang pandai. mudah mengerti, mudah menangkap pelajaran
  • Kepala dingin : berpikiran tenang dan sehat, tidak lekas marah

Dari segi anatomi, Seberapa pentingkah kepala ini? mari kita lirik satu demi satu :

  1. Semua panca Indra pada tubuh kita berada di kepala, di antaranya mata, telinga, hidung dan mulut.
  2. Kepala dilengkapi dengan tengkorang yang berfungsi melindungi otak.
  3. Hampir semua anggota tubuh terdiri dari 2 suku kata, misalnya ma-ta, si-ku, ta-ngan, ka-ki, li-dah, ku-ping, lu-tut, gi-gi, tetapi kepala terdiri dari 3 suku kata yakni ke-pa-la, (ini kata dosen anatomiku dulu Drs. Wellang Sappe)
  4. Di dalam kepala terdapat otak yang secara khusus berfungsi mengendalikan sistem saraf kita, misalnya ketika anda menusuk kulit anda dengan jarum maka secara spontan anda akan merasakan sakit, padahal ketika otak itu ditusuk jarum ternyata tidak sakit.

Bagian-bagian kepala :

Os.cranium (Bagian-bagian kepala)

  • os.frontale : 1 tulang dahi
  • os.occipitale : 1 tulang kepala belakang
  • os.sphenoidale : 2 tulang baji
  • os.temporale : 2 tulang pelipis
  • os.parietale : 2 tulang ubun-ubun
  • os.ethmoidale : 2 tulang tapis

Os.splanchocranium (Bagian-bagian wajah/muka)

  • os.zygomaticum : 2 tulang pipi
  • os.pallatum : 2 tulang langit-langit
  • os.nasale : 2 tulang hidung
  • os.laximale : 2 tulang mata
  • os.hyoideum : 1 tulang lidah
  • os.lacrimale : 2 tulang air mata
  • os.orbitale : 2 tulang rongga mata
  • os.maxilla : 2 tulang rahang atas
  • os.mandibula : 2 tulang rahang bawah

Gambar bagian-bagian kepala :

bagian-bagian kepala

Bagian-bagian kepala

Otak kiri dan Otak kanan

Sedikit kita bahas salah satu bagian terpenting dari kepala itu sendiri yaitu otak kiri dan otak kanan. Terkadang kita mendengar orang mengatakan “gunakan otak kirimu untuk menganalisa, dan gunakan otak kananmu untuk merasakan”. Ok, baiklah kita sedikit membahas fungsi dari otak kiri dan otak kanan sebagai berikut :

1. Otak Kiri

Berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan rasio, logika, merupakan pusat matematika, serta kemampuan menulis dan membaca. Bagian otak ini merupakan pengendali intelligence quotient (IQ). Daya ingat otak bagian ini juga bersifat jangka pendek.

2. Otak Kanan

Berfungsi dalam perkembangan emotional quotient (EQ). seperti sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, dan melukis.
Fungsi Otak kiri dan otak kanan

Fungsi Otak kiri dan otak kanan

Pada umumnya orang hidup di dunia ini lebih banyak menggunakan otak kirinya dibandingkan dengan otak kanannya. Menurut penelitian para ahli, orang yang mengandalkan otak kirinya cenderung memiliki anggota tubuh bagian kanan yang lebih tajam atau aktif, misalnya kaki kanan, tangan kanan dan telinga kanan, begitu pun sebaliknya bagi orang yang cenderung menggunakan otak kanan. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa lebih banyak orang yang menggandalkan otak kirinya di bandingkan dengan otak kanannya, itu terbukti bahwa jumlah orang kidal (cenderung menggunakan anggota tubuh sebelah kiri) lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang menggunakan anggota tubuh bagian kanan.
Cara paling mudah untuk mendeteksi seseorang menggunakan otak bagian mana yang dominan adalah dengan cara memperhatikan mejanya, kalau dia dominan menggunakan otak kanan, biasanya mejanya cenderung berantakan. Walaupun demikian dia jeli dan mengetahui dengan pasti di mana letak barang-barangnya disimpan karena proses berpikirnya cenderung paralel, sementara pengguna otak kiri cara berpikirnya lebih cenderung serial.
The Daily Telegraph menggunakan sebuah metode untuk mendeteksi otak mana yang sedang aktif dengan menggunakan obyek gambar seperti di bawah ini. Jika anda melihat gambar di bawah ini bergerak searah jarum jam, berarti otak yang sedang aktif adalah otak kanan, begitu pula sebaliknya, berikut gambarnya :
tes otak kiri dan otak kanan

Tes otak kiri dan otak kanan

Kembali ke topik awal tentang seberapa pentingkah kepala anda dan betapa berharganya kedudukan anggota tubuh yang bernama kepala ini. Coba perhatikan posisi kepala itu selalu di atas, bahkan kedudukan di instansi pun kalo yang namanya kepala, pasti kedudukannya di atas. Misalnya Kepala Dinas, Kepala Sekolah, Kepala Bidang, Kepala Seksi dan lain-lain. Ada sebuah anekdot bagi orang bugis yang mengatakan, “jika engkau merantau di negeri orang, apapun profesimu kamu harus jadi kepala! Walau jadi kepala perampok sekalipun”. Penekanannya di sini bukan pada kata perampoknya melainkan sebisa mungkin anda bisa jadi pemimpin bukan anak buah terus.

Pernahkah kita berfikir betapa penting dan betapa penghargaan yang telah kita berikan kepada anggota tubuh yang satu ini. Dalam keseharian kita, posisi kepala tak pernah mau sejajar dengan kaki anda, bahkan tidur sekalipun kita selalu memposisikan kepala lebih tinggi dari kaki dengan menggunakan bantal. Tapi satu hal yang mungkin anda tidak sadari ketika anda melakukan sholat pada saat melakukan sujud menyembah kehadirat Allah SWT, saat itulah kepala anda sejajar dengan kaki anda. Ini mencerminkan bahwa tidak ada yang patut kita sombongkan di hadapan-Nya. Mungkin kali ini anda sadar Seberapa pentingkah Kepala anda?

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,