Cara Mudah Mengatasi Insomnia

Monday, October 29th 2012. | KESEHATAN, TIPS

InsomniaCara Mudah Mengatasi Insomnia atau penyakit susah tidur tidak selamanya dengan mengkonsumsi obat generik atau paten, namun saat ini bisa anda lakukan secara alami dengan metode terapi dan konsumsi bahan-bahan alami untuk membantu anda keluar dari salah satu penyakit yang tidak menyenangkan ini. Insomnia atau penyakit susah tidur biasanya menjangkiti orang-orang yang memiliki tingkat kesibukan dan stress yang tinggi. Sebelum kita masuk pada pembahasan Cara Mudah Mengatasi Insomnia, ada baiknya kita mengetahui dulu penyebab penyakit susah tidur atau insomnia ini.

Menurut Wikipedia, gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Beberapa penyebab utama dari penyakit insomnia adalah :

  1. Frekuesi kerja yang sangat tinggi (padat) sehingga hampir tidak ada waktu yang bisa diluangkan untuk melakukan penyegaran atau pelemasan urat-urat saraf.
  2. Tingkat strees tinggi yang disebabkan oleh masalah internal (pribadi, keluarga dll) dan eksternal (kolege, kantor, sekolah, dll)
  3. Kebiasaan begadang dan pola tidur yang tidak teratur.
  4. Masalah kesehatan, misalnya gangguan pernafasan, batuk-batuk, asma, dan lain-lain)
  5. Masalah lingkungan, Lingkungan yang bising, seram juga bisa menjadi penyebab penyakit susah tidur.
  6. Trauma berkepanjangan, Misalnya menyaksikan saudaranya dibunuh di depan mata kepalanya, menyaksikan pembantaian yang mengerikan, lolos dari tabrakan maut, kehilangan orang yang dicintai dan lain-lain. Hal ini akan berakibat buruk kepada si penderita jika tidak segera ditangani oleh psikiater.
  7. Perubahan hormon, Menstruasi, kehamilan dan menopause juga merupakan salah satu penyebab masalah penyakit susah tidur. Disinyalir 40 % wanita mengalami hal ini.
  8. Perubahan pola tidur, ini biasanya ini terjadi pada orang yang bermigrasi dari suatu tempat dengan perbedaan waktu, misalnya orang Indonesia pindah ke Amerika yang perbedaan waktunya 12 otomatis akan merubah pola tidurnya, namun kejadian seperti ini tidak akan berlangsung lama seiring dengan usaha adaptasi tubuh.
  9. Sakit. Penyebab susah tidur juga akan dialami pada orang yang sedang sakit seperti demam, influenza atau penyakit lainnya.

Susah tidurBeberapa penyimpangan yang terjadi pada pengidap insomnia seperti menguap namun susah untuk memejamkan mata, bagung tengah malam dan selanjutnya sulit untuk tidur kembali, mudah terbangun ketika mendengar suara berisik, dan lain-lain. Dari beberapa tersebut dibutuhkan terapi medis dan alami untuk mengatasinya. Berikut ini Cara Mudah Mengatasi Insomnia :

  • Aturlah jadwal tidur mala yang tetap, misalnya tidur pukul 22.00 sampai pukul 05.00. lakukan hal ini tiap hari walaupun sedikit terasa berat namun sistem metabolisme dalam tubuh anda suatu saat akan menyesuaikan dengan kondisi sesuai dengan keinginan anda.
  • Usahakan untuk tidak tidur siang, sebab tidur siang biasanya akan menyebabkan anda susah tidur pada malam harinya.
  • Lakukan olah raga ringan setiap sore hari. Ini akan menyebabkan tubuh anda merasakan capek dan meransang atau mengantarkan anda untuk tidur lebih nyenyak.
  • Usahakan tiap minggu anda melakukan refreshing atau kegiatan santai dengan mengunjungi tempat-tempat yang membuat anda menjadi lebih fresh sehingga ketegangan pada saraf anda selama 1 minggu akan mengalami peregangan. Jika anda melakukan ini rutin selama 3 bulan berturu-turut, ini akan meyebabkan penurunan tingkat stress dan setidaknya akan membuat tidur anda akan lebih nyaman.
  • Perbanyak menonton film atau drama komedi. Orang yang suka menonton film horor dipastikan lebih sulit tidur dibanding orang yang sukan menonton film atau drama komedi karena efek pada saraf akan lebih positif untuk mengantarkan anda tidur lebih nyaman ketika anda lebih banyak menonton komedi ketimbang film horor. Untuk hal ini Opera Van Java salah satu solusi yang tepat (bukan promosi Lho).
  • Minumlah segelas air hangat (jangan lebih) sebelum anda menuju kepembaringan, dan berdo’alah untuk memohon kepada Tuhan agar air yang anda minum akan memudahkan anda untuk tidur. Ini bermanfaat untuk memaksimalkan kerja metabolisme anda sekaligus mengoptimalkan kerja saraf anda dan akan mengantarkan anda untuk tidur lebih pulas.
  • Hindari mengkonsumsi minuman atau bahan yang mengandung kafein, nikotin dan alkohol di malam hari karena ini dipastikan akan semakin memperparah penyakit insomnia anda.
  • Jika anda masih susah untuk tidur, cobalah membaca komik atau cerita bergambar lainnya. Membaca komik yang ringan sebelum tidur juga bisa menjadi pilihan untuk merangsang anda untuk cepat mengantuk.
  • Perbanyak konsumsi makanan atau minuman yang meringankan anda untuk tidur. Beberapa makanan atau minuman yang anda bisa konsumsi misalnya, Susu, pisang, daging, Kacang pikan, dan Saledri.
  • Jika ingin segera ngantuk, minumlah Juice pisang di campur dengan susu!¬† dijamin anda akan segera mengantuk.
  • Berdo’alah sebelum anda tidur dan mintala kepada Yang Kuasa untuk lebih dimudahkan untuk tidur.
  • Selamat mencoba.

Demikianlah beberapa tips bagi anda yang menderita penyakit susah tidur (insomnia) lakukan tips diatas secara disiplin dan teratur untuk mendapatkan hasil maksimal. Tanpa bahan kimia, kini anda bisa menerapkan Cara Mudah Mengatasi Insomnia.

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,