Kecerdasan Majemuk Menurut Gardner

Sunday, November 4th 2012. | SERBA-SERBI

HowardGardner Kecerdasan Majemuk Menurut GardnerKecerdasan Majemuk Menurut Gardner. Howard Gardner Earl lahir pada tanggal 11 Juli 1943 di Scranton, Pennsylvania. Dia adalah seorang psikolog perkembangan di Amerika dan telah menulis lebih dari 20 buku yang diterjemahkan ke dalam tiga puluh bahasa. Dia adalah putra pasangan dari Ralph Gardner dan Hilde Weilheimer. Teori Gardner tentang kecerdasan majemuk negara tidak hanya manusia memiliki beberapa cara berbeda untuk belajar dan pengolahan informasi, tetapi metode ini relatif independen satu sama lain: mengarah ke beberapa “kecerdasan” sebagai lawan dari faktor kecerdasan umum antara kemampuan berkorelasi. (sumber :Wikipedia)

 Kecerdasan Majemuk Menurut Gardner

Kecerdasan Majemuk

Sejak tahun 1999, Gardner telah mengidentifikasi delapan kecerdasan: linguistik, logika-matematika, musik, spasial, kinestetik/kinestetik, interpersonal, intrapersonal, dan naturalistik. Sementara Gardner masih mempertimbangkan kecerdasan kesembilan yakni eksistensial. Berikut ini Pembagian kecerdasan majemuk menurut Gardner :

1. Verbal-Linguistic

Verbal-linguistic intelligence ini terkait dengan  kata-kata (words) lisan (spoken) maupun tulisan (written) – cerdas berbahasa. Orang dengan kecerdasan ini sangat bagus dalam membaca, menulis, bercerita dan mengingat kata-kata maupun tanggal

2. Logical-Mathematical

Kecerdasan ini terkait dengan logika, abstraksi, alasan induktif dan deduktif, serta angka-angka.

3. Music

Kecerdasan ini terkait dengan ritme, musik, dan pendengaran (hearing). Orang dalam kategori ini biasanya sangat sensitif terhadap suara, ritme, tonalitas, dan musik.

4. Visual-Spatial.

Kecerdasan ini terkat dengan penilaian (judgment) ruang (space) dan visi. Orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya sangat baik dalam memvisualisasikan dan memanipulasi objek-objek secara mental.

5. Bodily-Kinesthetic

Kecerdasan ini terkait dengan gerakan (movement) dan aktivitas (doing). Orang dalam kategori ini biasanya cerdas dalam kegiatan fisik seperti olahraga atau menari dan seringkali lebih menyukai kegiatan yang menggunakan gerakan.

6. Interpersonal

Kecerdasan ini terkait dengan interaksi dengan orang lain. Orang dalam kategori ini biasanya extrovert dan sensitive terhadap mood, perasaan, temperemen dan motivasi orang lain serta memiliki kemampuan untuk bekerjasama dengan kelompok.

7. Intrapersonal

Kecerdasan yang terkait dengan kemampuan introspektif dan self-reflective (bercermin). Orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya introvert dan lebih suka bekerja sendiri.

8. Naturalistic

Kecerdasan ini terkait dengan ‘kealamiahan’ (nature), informasi yang membina dan berkaitan dengan lingkungan alamiah seseorang – (nurturing and relating information to one’s natural surroundings).

Sementara Kecerdasan kesembilan yang dicurigai oleh Gardner yakni ;

9. Naturalistic

Kecerdasan ini terkait dengan ‘kealamiahan’ (nature), informasi yang membina dan berkaitan dengan lingkungan alamiah seseorang – (nurturing and relating information to one’s natural surroundings).

Demikianlan Kecerdasan Majemuk Menurut Gardner. semoga bermanfaat.

tags: , , , , , , , , , , , , , ,