Profil Singkat Joko Widodo

Monday, November 5th 2012. | BERITA, NASIONAL, SERBA-SERBI

JokowiProfil Singkat Joko Widodo. Terlahir di Surakarta pada tanggal 21 Juni 1961 dengan ciri khas saat ini mengenakan baju kotak-kotak, siapa yang tidak kenal dengan beliau yang dulunya menjabat sebagai walikota solo dan kini dengan keberhasilannya memajukan kota sol, dan kini beliau mendapatkan kepercayaan memulai masa pemerintahan baru bersama rekannya Basuki Cahya Purnama dalam memimpin ibu kota Jakarta Jokowi. Meskipun sudah menjabat sebagai seorang gubernur pak jokowi tak ubahnya sebagai manusia biasa yang tak lupat dari hal-hal yang unik dan lucu. Berikut beberapa kejadian unik dan lucu yang menimpa beliau.

Tragedi Inspektur Upacara (Penghormatan Terlama Upacara)

Jokowi HormatPeristiwa ini terjadi pada hari Senin dimana pak Jokowi pertama kali menjabat sebagai Walikota Solo, beliau menjadi inspektur upacara pada waktu itu. Semua proses lancar kecuali urusan hormat-menghormat. Saat komandan memerintahkan hormat, pak Jokowi pun ikut membalas hormat. Tetapi justru saat itulah kelucuan terjadi. Pak Jokowi hormat terus, beliau lupa bahwa perintah komandan upacara sangat tergantung seberapa lama inspektur upacar a menghormat.

Karena sang Walikota baru tidak juga menurunkan tangannya, beberapa peserta mulai tersenyum. Menyadari insiden tersebut, staf memberi kode agar Jokowi menurunkan tangan. Jokowi lantas menurunkan tangan dan komandan upacara pun meneriakkan, “Tegak Grak!” Penghormatan itu terjadi lebih dari satu menit, di luar batas kepantasan dalam upacara apapun.

Terjaring Razia

Kejadian ini terjadi saat beliau masih menjabat sebagai walikota Solo, saat itu pak Jokowi mengendarai sepeda motor keliling kota Solo. Di tengah jalan terlihat kerumunan orang dan sejumlah aparat kepolisian lalu lintas. Saat melintas, pak Jokowi dihentikan polisi. Layaknya pengendara biasa, Jokowi menghentikan motornya dan mengeluarkan surat-surat kendaraan dan KTP. Polisi itu kemudian memeriksa kelengkapan pak Jokowi. Sang petugas pun baru sadar setelah mengecek surat-surat kendaraan dan KTP ternyata pengendara motor tersebut adalah pak Jokowi walikota Solo.

Manjat Pagar

Kelucuan selanjutnya dari kehidupan pak Jokowi kali ini terjadi akibat jadwal acara Pemkot yang sangat padat, bahkan terkadang sampai larut malam. Suatu ketika pak Jokowi pulang larut malam, pintu gerbang rumah dinas walikota sudah tertutup rapat. Meski sudah dibel beberapa kali tetapi satpam penjaga pintu tak membukakan pintu. Bukannya jengkel, pak Jokowi malah masuk ke rumah dinas dengan cara memanjat pagar.

Jadi ‘Dukun’

Jokowi Jadi dukunBukan Cuma jago manjat pagar pak Jokowi juga hebat dalam ilmu perdukungan, Kejadian ini terjadi ketika seorang ibu membawa anaknya datang ke kantor pak Jokowi di Balaikota Solo. Sang ibu mengaku ingin bertemu dengan pak Jokowi karena anaknya sakit dan menyebut-nyebut namanya. Latar belakang pak Jokowi yang dulunya hanya sebagai seorang pengusaha mebel dan menjadi walikota, tentu tidak memiliki bekal untuk bisa menyembuhkan penyakit anak tersebut. Tetapi dengan keramahan Pak Jokowi sang ibu beserta anaknya pun dipersilahkan masuk ke ruangan dan pak Jokowi pun mengusap kepala anak itu sambil berkata “Sudah, sembuh!” .

Keesokan harinya pak Jokowi meminta salah satu ajudannya untuk mengecek anak tersebut dan hebatnya, anak tersebut benar-benar sembuh. Mendengar laporan dari sang ajudan pak Jokowi tersenyum sambil berucap “Sakti juga saya. Padahal nggak saya apa-apakan”. Demikianlah Profil Singkat Joko Widodo.

tags: , , , , , , , , , , ,