Esensi Pekerja Sosial

Wednesday, November 7th 2012. | SERBA-SERBI

pekerjasosial Esensi Pekerja SosialEsensi Pekerja Sosial. Pekerja Sosial adalah orang yang telah dibekali dengan keterampilan dan keahlian khusus yang bekerja  untuk menangani dan mengatasi masalah-masalah sosial. Sementara orang yang bekerja di bidang sosial namun tidak dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan khusus itu tidak dapat disebut sebagai pekerja sosial melainkan mereka adalah sebagai relawan sosial (social Volunteer). Profesi pekerja sosial layak mendapat sebuah kehormatan karena mereka berbuat dalam bidang kesejahteraan sosial (social welfare) demi kemanusiaan.

Pakar ilmu sosial Indonesia Endang Moerdopo memberikan defenisi bahwa “Pekerja sosial adalah seseorang yang memiliki dasar pengetahuan, ketrampilan dan nilai-nilai pekerjaan sosial yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kesejahteraan sosial”. Peran pekerja sosial dalam menanggulangi masalah sosial tidak bersifat reaktif-simptomatif maupun partial. Seorang pekerja sosial akan selalu berusaha untuk tidak hanya sebagai seorang outsider (diluar sisitem) tetapi juga bergabung dan masuk ke dalam sistem masyarakat sebagai sebuah bentuk pelayanan sosialnya, dengan menggunakan langkah-langkah dan tahapan-tahapan intervensi dalam pekerjaan sosial. (Sumber : http://endangmoerdopo.blogspot.com/)

Di negara berkembang seperti Amerika Serikat, Seorang pekerja sosial harus mendapatkan sebuah lisensi atau sertifikat dari lembaga pemerintah atau lembaga khusus. Dan mereka bekerja secara profesional dan berhak mendapatkan gaji. Upah tahunan atau gaji setiap pekerja sosial di Amerika update tahun 2010 sebesar $ 42.480 atau sekitar Rp 412.000.000,-. Gaji ini adalah hal yang sangat wajar mengingat pekerjaan mereka cukup menantang dan lebih banyak bersentuhan langsung dengan masyarakat, tentunya butuh sebuah keahlian khusus untuk menghadapi itu semua, misalnya saja bagaimana menghadapi orang yang marah, kekerasan dalam rumah tangga, korban bencana, perlindungan hukum dan lain-lain. Mereka bekerja tak mengenal waktu dan kondisi, setiap saat harus selalu siap ketika dibutuhkan.

social worker in tanzania Esensi Pekerja Sosial

Di Indonesia profesi Pekerja Sosial telah dibentuk oleh Kementerian sosial yang bernama Pekerja Sosial Masyarakat (PSM)yang manangani 27 PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) yang terdiri dari :

  1. Anak Balita Terlantar,
  2. Anak Terlantar
  3. Anak Yang Menjadi Korban tindak Kekerasan atau Diperlakukan Salah
  4. Anak Nakal
  5. Anak Jalanan
  6. Anak Cacat
  7. Wanita Rawan Sosial Ekonomi
  8. Wanita Yang Menjadi Korban Tindak Kekerasan atau Diperlakukan Salah
  9. Lanjut Usia Terlantar
  10. Lanjut Usia Yang Menjadi Korban Tindak Kekerasan atau Diperlakukan Salah
  11. Penyandang Cacat
  12. Penyandang Cacat Bekas Penderita Penyakit Kronis
  13. Tuna Susila
  14. Pengemis
  15. Gelandangan
  16. Bekas Narapidana
  17. Korban Penyalahgunaan Napza
  18. Keluarga Fakir Miskin
  19. Keluarga Berumah Tak Layak Huni
  20. Keluarga Bermasalah Sosial Psikologis
  21. Komunitas Adat Terpencil
  22. Masyarakat Yang Tinggal si Daerah Rawan Bencana
  23. Korban Bencana Alam
  24. Korban Bencana Sosial
  25. Pekerja Migran Terlantar
  26. Keluarga Rentan
  27. Penyandang AIDS/HIV

Pekerjasosialmasyarakat Esensi Pekerja SosialKeberadaan PSM saat ini masih dianggap belum maksimal baik secara administrasi maupun kinerja. Olehnya itu dibentuklah sebuah organisasi perhimpungan pekerja sosial yang bernama IPSPI (Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia) atas amanah undang-undang untuk menampung aspirasi dan membawa perbaikan terhadap Pekerja sosial. Pada bulan Juli 2012 IPSI telah resmi menjadi anggota IFSW (International Federation of Social Workers). IFSW sendiri merupakan wadah International bagi para pekerja sosial di seluruh dunia. Sumber (http://ipspi.org)

Apa yang dilakukan oleh Pekerja Sosial?

Ada dua jenis utama dari pekerja sosial yaitu Pekerja sosial direc-service yang membantu orang memecahkan dan mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari, dan pekerja sosial klinis, yang mendiagnosa dan mengobati masalah mental, perilaku, dan emosional.

Pekerja sosial menggunakan teori-teori sosial dalam memahami masalah kemanusiaan, untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat. Banyak yang bekerja di bidang ini mengkhususkan diri pada bidang tertentu, seperti membantu anak-anak, membantu mereka yang jiwanya terancam, atau membantu orang dalam mengatasi kecanduan. Namun secara umum tugas dari pekerja sosial adalah sebagai berikut :

  • Bertindak sebagai advokat bagi kliennya
  • Mendidik klien dan mengajari mereka dengan keterampilan baru
  • Menjalin Hubungan klien terhadap lingkungan sekitarnya
  • Melindungi klien yang rentan dan memastikan bahwa mereka aman dan selalu dalam pengawasan hingga mereke keluar dari masalah sosial yang dihadapi
  • Memberi masukan kepada klien yang membutuhkan dukungan dan bantuan
  • Menelitian masalah sosial sekaligus mencari solusinya.

 Semoga artikel ini membantu kita semua untuk memahami akan Esensi Pekerja Sosial.

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,