Benarkah Kita Telah Menghargai Pahlawan?

Saturday, November 10th 2012. | NASIONAL

PahlawanBenarkah Kita Telah Menghargai Pahlawan?

Pahlawan, Sebuah gelar yang tidak semua orang memilikinya, perjuangan tanpa pinta balas jasa dan berbuat dengan ihlas demi sesuatu yang dicintainya. Gelar Pahlawan bukan hanya diberikan kepada seseorang pejuang yang pernah melawan penjajah dalam meraih kemerdekaan, akan tetapi semua orang yang mempunyai jasa kepada kita dalam meraih kemerdekaan dalam hidup ini atau dengan kata lain kesuksesan adalah sosok pahlawan buat diri kita. Salah satu pahlawan yang tak bisa kita lupakan jasa-jasanya adalah Ibu kita, yang merawat kita mulai dari dalam rahim hingga kita dewasa.

Teuku UmarTerlepas dari sosok pahlawan yang hadir dalam kehidupan sehari-hari, ada begitu banyak pahlawan yang tak boleh kita lupakan sepanjang masa. Merekalah sang peberani, sang peraih kemerdekaan, sang kesatria hingga kita semua bisa merasakan akan kebeasan dari yang namanya penjajahan. Begitu besar jasa-jasa mereka yang rela berjuang dengan bercucuran keringat dan darah demi untuk kita semua di masa kini. Namun apakah sekarang ini harapan mereka sudah kita jalankan? yakni menjaga dan mengisi kemerdekaan dengan sesuatu yang berarti untuk bangsa dan dan negara ini.

Kemerdekaan yang mereka raih untuk kita adalah kemerdekaan yang harus mereka tukar dengan nyawa mereka sendiri dan kemerdekaan itu bukanlah untuk mereka bukan untuk keluarga mereka melainkan untuk kita semua. Sudahkan kita berbuat sesuatu untuk membalas jasa-jasa mereka, untuk darah mereka yang bercucuran setetet demi setetes, untuk pengorbanan jiwa dan raga mereka. Mereka sungguh akan sangat sedih apabila keringat, darah dan bahkan nyawa yang mereka korbankan demi kita semua lantas kita sia-siakan.

SisingamangarajaKini bangsa kita sudah merdeka, sudah merasakan kebebasan dari penjajahan sejak 1945 hingga saat ini namun sudahkah bangsa ini berbuat sesuatu yang bisa membanggakan mereka, Bukankah bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat jasa-jasa para pahlawannya. Untuk saat ini bangsa kita blum bisa disebut bangsa yang besar, kita bisa saksikan sendiri masih begitu banyak kasus-kasus korupsi, tawuran antara pelajar, hingga tawuran antara suku yang tidak sedikit menelan korban jiwa. Beginikah cara bangsa ini membalas jasa-jasa mereka? Kita seolah-olah tidak pernah bagaimana mereka menghembuskan nafas terakhir dengan beribu luka di dada dan punggungnya dan dia akhiri dengan pekik Kemerdekaan, MERDEKAAAAA,…! Seolah berpesan kepada alam agar generasi mendatang bisa mengerti akan beratnya arti sebuah perjuangan demi menuju kemerdekaan. Semoga kedepannya kemerdekaan ini bisa kita isi dengan hal-hal yang lebih positif dan mari kita bertanya kepada diri kita masing-masing, Benarkah Kita Telah Menghargai Pahlawan?.

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,