Jangan Pernah Sepelekan Rasa Sakit Kepala

Tuesday, November 20th 2012. | KESEHATAN, TIPS

Sakit KepalaJangan Pernah Sepelekan Rasa Sakit Kepala.

Semua orang mungkin pernah mengalami sakit kepala entah itu ringan atau pun berat. Ada begitu banyak presepsi orang dalam menggambarkan nyeri atau pun sakit kepala yang dialaminya. Salah satu contoh sakit kepala yang sering dialami oleh seseorang adalah migren, dimana perasaan sakit kepala yang dirasakan hanya sebelah bagian kepala saja.

Terkadang kita menganggap sakit kepala itu menjadi suatu hal yang biasa saja.
padahal sebenarnya sakit kepala yang dianggap ringan ini bisa merupakan salah satu gejala dari penyakit yang lebih besar. Bahkan seseorang yang sering mengalami sakit kepala bisa berujung dengan akibat yang fatal apa bila di biarkan begitu saja, karena salah satu penyakit yang banyak merenggut nyawa seseorang yang gejala awalnya adalah sakit kepala adalah storke.

Agar kita tidak salah dalam menerka-nerka parah tidaknya penyakit kepala yang kita alami, dan apakah sakit kepala yang kita alami merupakan awal dari sebuah penyakit berat maka perlu kita ketahui jenis dan ciri-cirin berbagai jenis dan macam sakit kepala berikut ini.

Sakit Kepala Tegang (Tension)

Sakit kepala ini umumnya dakibatkan oleh ketegangan otot dibagian kepala, bahu dan belakang leher. Sakit kepala jenis ini paling umum dialami oleh setiap orang. Gejala sakit kepala ini seperti Sakit kepala tegang diawali dengan rasa sakit yang akut pada titik pemicu, nyeri dan sakit pada otot di area leher dan pundak. Kebayakan disebabkan oleh ketegangan otot ini bisa disebabkan oleh posisi tubuh yang kurang nyaman, stres dan juga kelelahan.

Pengobatan: Anda bisa mengkonsumsi obat penghilang nyeri yang dijual bebas dipasaran, tentunya dengan dosis yang dianjurkan. Misalnya Aspirin, Ibuprofen, dan Naproxen. Atau mulailah untuk melakukan meditasi, gerakan yoga ringan, dan banyak istirahat.

Migren

Migran

Migran

Migren adalah kondisi neurologis yang disebabkan oleh gangguan pembuluh darah karena adanya perubahan serotonin. Sakit kepala migren sering digambarkan sebagai salah satu jenis sakit kepala yang hebat, berdenyut dan menyerang kepala pada satu sisi. Gejala Sakit kepala migren ini dimulai dengan nyeri yang hebat atau kepala terasa berdenyut, menjadi terganggu terhadap cahaya, suara dan bau, bahkan sampai mual atau muntah. Penyebab Sakit kepala ini bisa disebabkan karena stres, perubahan hormon, dan bahkan beberapa jenis makanan juga dapat memicu terjadinya migren. Salah satunya, daging karena dapat menyebabkan pembuluh darah membengkak, dan memprovokasi sakit kepala.

Pengobatan: Untuk menguranginya, Anda dapat mengkonsumsi obat-obat yang dijual dipasaran seperti aspirin, acetaminophen, acetaminophen. Atau mintalah obat-obatan dengan resep dokter jika migren sudah terasa sangat parah.

Sakit Kepala Sinus

Sakit kepala sinus kadang sering tertukar dengan sakit kepala migren. Sakit kepala sinus paling sering dirasakan sebagai nyeri yang mendalam di tulang pipi, dahi, atau hidung. Sakit kepala sinus tidak berkaitan dengan perasaan mual, atau gangguan terhadap cahaya dan gejala lainnya yang biasa terjadi pada migrain. Gejalanya seperti Nyeri sekitar hidung dan mata, hidung berair, sering disertai dengan demam. Penyebabnya adalah Sakit kepala sinus disertai dengan sinusitis (peradangan pada selaput lendir), kondisi dimana lapisan membran selaput lendir menjadi bengkak dan meradang.

Pengobatan dan perawatan : dengan mengkonsumsi obat analgesic (penghilang rasa sakit ), hindari suhu yang dingin dan tentunya segera berkunjung ke dokter untuk pengobatan.

Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala jenis ini biasanya terjadi pada pria ,dimana sakit kepala ini menyebabkan nyeri yang luar biasa. Gejalanya berupa Sakit yang luar biasa, biasanya di sekitar mata, tapi dapat merambat pada area lain di wajah, kepala, leher dan pundak, Keluar air mata secara berlebihan, lendir atau basah pada lubang hidung, ukuran pupil yang mengecil dan kelopak mata yang layu. pada umumnya Penyebab Sakit kepala cluster umumnya disebabkan karena konsumsi alkohol, atau juga sering terjadi pada perokok.

Pengobatan: Suntikan smatriptan, naratriptan, frovatriptan dan lainnya yang berfungsi meningkatkan efek seratonin dan bisa segera mengurangi nyeri namun tidak mencegah rasa sakit berikutnya, dan tentunya menghindari yang namanya alcohol dan Rokok.

Tekanan darah tinggi atau Hypertensi

Tekanan darah tinggi atau Hipertensi jarang menyebabkan sakit kepala, namun gejala awal dari hipertensi itu sendiri yaitu adanya rasa tegang pada kepala bagian belakang, pada hipertensi yang berat terkadang menyebabkan rasa nyeri yang hebat, karena adanya tumor di kelenjar adrenal.

Pengobatan : untuk pengobatan awal Hipertensi sendiri cukup dengan captopril dan istirahat yang cukup, hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan selanjutnya lakukan control pengobatan di tempat pelayanan kesehata terdekat.

Tumor otak

Nyeri yang dirasakan hilang-timbul, sifatnya dari ringan sampai berat, dirasakan di satu titik atau di seluruh kepala. Dirasakan juga kelemahan di salah satu sisi tubuh, kejang, gangguan penglihatan, kemampuan berbicara hilang, muntah dan perubahan mental.

Pengobatan : segera mungkin untuk memriksakan kedokter agar penanganannya sesegera mungkin sebelum tumornya semakin membesar.

Infeksi pada jaringan di sekitar otak atau meningitis

Ciri-cirinya adalah nyeri baru dirasakan, berat, menetap, dirasakan di seluruh kepala, terus ke leher, disertai demam, muntah dan sebelumnya mengalami nyeri tenggorokan atau infeksi pernapasan, leher terasa kaku, sulit ditekuk.

Pengobatan : untuk awal bisa mengkonsumsi obat antibiotik dosis rendah namun tetap harus berobat ke dokter untuk penanganan selanjutnya, karena otak adalah organ pengendali semua system yang ada di tubuh kita, apabila organ otak mengalami kerusakan tentunya organ tubuh kita akan mengalami yang namanya abnormalitas.

Kesimpulan :

Apapun jenis sakit kepala yang sedang anda alami, segera ambil tindakan pemulihan dini sebelum berakibat lebih parah dan Jangan Pernah Sepelekan Rasa Sakit Kepala.

tags: , , , , , , , , , , , , , ,