Ramalan Kiamat 2012

Thursday, December 13th 2012. | BERITA, INTERNASIONAL, NASEHAT, NASIONAL, RELIGY

Ramalan Kiamat 2012

Ramalan Kiamat 2012 oleh Suku maya sempat menjadi perbincangan yang menghebohkan seantero dunia. Berbagai media baik cetak maupun elektronik telah mempublikasikan penemuan baru yang berasal dari kalender suku maya yang memperkirakan akan terjadi gejolak alam yang maha dahsyat dan menandai akan datangnya hari kiamat pada tanggal 21 Desember 2012.  Kontroversi pun tak terhindarkan atas asumsi ini para pakar, geologi, dan astronomi tidak berdiam diri dan melakukan penelitian untuk mementahkan penemuan tersebut. Salah satu lembaga Antariksayyang menentang datangnya hari kiamat sesuai ramalan kalender suku maya adalah NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat).

Seperti dilansir dalam Situs rerminya Dalam situs resminya, NASA menyatakan kiamat tidak terjadi pada tanggal 21 Desember 2012 namun dipastikan akan terjadi titik balik Matahari. Dan NASA menegaskan kembali bahwa berakhirnya perhitungan kalender Suku Maya tersebut, sama halnya dengan berakhirnya perhitungan kalender masehi yang kita pakai yang jatuh pada31 Desember.

Kalender Suku maya

Kalender Suku Maya

Menurut kalender kuno Suku Maya, titik balik Matahari di tahun 2012 akan menandai akhir dari siklus 144 ribu hari. Siklus ini sudah berulang sebanyak 12 kali dan yang ke-13 akan jatuh pada 2012. Pada saat inilah dunia disebutkan akan mencapai akhirnya.

Pendapat lain dikemukakan oleh Alfonso Ladena, profesor Complutense University of Madrid mengatakan bahwa Suku Maya tak berfikir tentang kemanusiaan, pemanasan global atau meramalkan kedua kutub akan bersatu. Kita lah yang memproyeksikan kekhawatiran kita dengan menjadikan mereka sebagai landasan.” Jadi kesimpulannya adalah bahwa suku maya tidak pernah terbukti meramalkan bahwa pada tanggal 21 Desember 2012 akan terjadi kiamat. Hanya saja banyak yang membesar-besarkan berita ini sehingga menjadi polemik di kalangan masyarakat dunia.

Dalam pandangan Islam, tanda-tanda kiamat qubra (kiamat besar) yang disimpulkan dari sabda nabi Muhammad Saw yang berbunyi “Sesungguhnya kiamat itu tidak akan terjadi sebelum kamu melihat sepuluh tanda, yakni: Pertama, asap. Kedua, Dajjal. Tiga, binatang melata di bumi. Empat, terbitnya matahari sebelah barat. Lima, turunnya Nabi Isa AS. Enam, keluarnya Yakjuj dan Makjuj. Tujuh, gerhana di timur. Delapan, gerhana di barat. Sembilan, gerhana di jazirah Arab dan terakhir, keluarnya api dari Kota Yaman dan menghalau manusia ke tempat penggiringan mereka.” (HR. Imam Muslim) adalah sebagai berikut :

  1. Keluarnya Asap yang akan memenuhi timur dan barat selama 40 hari.
  2. Munculnya Dajjal
  3. Keluarnya Dabbah
  4. Matahari terbit dari arah barat
  5. Turunnya Nabi Isa AS
  6. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj
  7. Gerhana di belahan bumi bagian timur (Masyriq)
  8. Gerhana di belahan bumi bagian barat (Maghrib),
  9. Gerrhana terakhir di tanah Arab
  10. Keluarnya Rihun Baridah dan keluarnya api di telaga Aden (Yaman).

Pandangan tentang Ramalan Kiamat 2012 yang jatuh pada tanggal 21 Desember tersebut menurut saya sangat menyesatkan dan perlu pemahaman bagi siapa saja yang membaca atau mendengarnya. Sebab secara agama, tak ada yang bisa meramalkan apalagi menentukan datangnya hari kiamat tersebut selain Allah Swt termasuk ramalan Mama Laurent. namun kita harus tetap percaya bahwa hari kiamat itu akan datang (rukun Iman ke 5). Jangankan hari kiamat, nasib kita besok saja tak ada yang bisa meramalkan.

Di balik itu semua, ada satu hikmah positif yang harus kita ambil dari sini, betapa dunia ini memang sudah berada di usia senja dan tak akan lama lagi berakhir, entah itu 50 tahun, 100 tahun atau 1000 tahun lagi, dengan melihat tanda-tanda kecil seperti wanita yang gemar mengumbar auratnya, anak yang telah melahirkan ibunya, banyaknya orang hina mendapat kedudukan terhormat, perbuatan zina merajalela dan masih banyak lagi tanda-tanda kecil hari kiamat itu kita saksikan saat ini.

Kesimpulannya, Ramalan Kiamat 2012 hanyalah sebuah asumsi yang sesat dan mari kita songsong perjalanan kita di dunia fana ini dengan amal kebaikan sebagai bekal kita di akhirat kelak dimana tiap kita akan bertanggung jawab di depan Allah Adzza Wa Jalla. Dan jangan pernah lagi percaya akan Ramalan Kiamat 2012.

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,