Dampak Redenominasi Rupiah

Thursday, December 27th 2012. | BERITA, BISNIS, NASIONAL

redenominasi rupiah Dampak Redenominasi RupiahDampak Redenominasi Rupiah tidak akan lama lagi kita rasakan setelah Rencana Bank Indonesia (BI) untuk menyederhanakan nilai tukar rupiah alias redenominasi telah mendapat restu pemerintah. Kini Rancangan Undang-Undang (RUU) mengenai redenominasi menjadi prioritas pemerintah untuk dibahas di DPR. Redenominasi pada tahun 2013 akan memasuki tahap transisi dari nilai mata uang saat ini ke nilai mata uang yang terbaru (redenominasi). Redominasi  adalah bentuk penyederhanan nilai mata uang atau pecahan (denominasi) rupiah menjadi pecahan yang lebih kecil dengan cara mengurangi digit nol (0) tanpa mengurangi nilai mata uang tersebut. Misalnya Rp. 10.000 menjadi Rp. 10.

Redominasi ini tentu akan menbawa dampak bagi masyarakat dalam hal pengetahuan tentang redenominasi ini sehingga pemerintah membutuhkan waktu untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang redenominasi. Berbagai pertanyaan dipastikan akan muncul misalnya :

  1. Bagaimana simpanan uang di bank?
  2. Bagaimanan posisi dengan uang yang beredar sekarang?
  3. Apakah dengan redenominasi akan menjadikan semua warga menjadi kaya karena semua memiliki uanga dalam pecahan 1000 x lipat dari nilai uang pasca redenominasi?
  4. Bagaimana dengan transaksi sehari-hari? apakah nilai uang yang saat ini akan dikonversi ke nilai uang hasil redenominasi?
  5. Mulai dari pecahan berapakah nilai mata uang yang akan diproduksi oleh BI?
  6. Berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga semua mata uang yang sekarang ditarik dan tidak lagi beredar di masyarakat?
  7. Bagaimana langkah-langkah pemerintah untuk memberlakukan redenominasi ini?

Dampak redenominasi rupiah yang akan timbul nanti dipastikan tidak akan berpengaruh besar pada ekonomi mikro karena daya beli masyarakat tetap akan sama dan masyarakat tidak perlu panik dan trauma dengan kejadian masa lalu pada tahun 1959-1966 dimana pemerintah melakukan senering yakni dimana nilai uang dari Rp. 500 dipotong menjadi Rp. 50 dan uang Rp. 1,000 dipotong menjadi Rp. 100,-. Karena dari pengertian senering rupiah saja sudah jelas perbedaannya yaitu pemotongan daya beli masyarakat melalui pemotongan nilai uang, sementara tidak dilakukan pada harga-harga barang, yang mengakibatkan daya beli masyarakat menurun. Untuk memudahkan pemahaman kita, silahkan perhatikan gambar berikut ini !

redenominasiuang zps6d22f650 Dampak Redenominasi Rupiah

Kementerian perdagangan akan merasakan dampak yang besar pada masa transisi nanti karena harus aktif dalam memantau penerapan pencantuman harga ganda sebelum kebijakan redenominasi diterapkan. “Kementerian Perdagangan paling concern karena dia nanti yang paling banyak terbuang tenaganya,” Ungkap Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Agus Suprijanto di Jakarta, Rabu 26 Desember 2012.

Jika kita bandingkan mata uang rupiah dengan mata uang negara lain sangat jauh perbedaannya. Di negara lain nominalnya kadang sangat kecil namun nilainya besar, misalkan saja mata uang Malaysia atau Singapura. Belum lagi mata uang dollar Amerika yang memiliki pecahan hingga $100 yang jika dirupiahkan sama dengan Rp.970.000 (kurs 9700). Yang artinya kita harus memnukar uang Rupiah sebanya 97 lembar uang Rp.100.000 untuk menukar 1 lembar uang pecahan $100.

Mengenai Tahapan Redenominasi ini, pemerintah bersama BI telah menyepakati tahapannya sebagai berikut :

  • Tahun 2011-2012 : Sosialisasi
  • Tahun 2013-2015 : Transisi
  • Tahun 2016-2018 : Penarikan Rupiah lama
  • Tahun 2019-2022 : Tulisan baru pada Rupiah dihapus

Adapun ilustrasi dari redominasi rupiah bisa anda lihat pada gambar berikut ini :

Ilustrasiredenominasi zps2921c0ea Dampak Redenominasi Rupiah

Seharusnya dari sekarang pemerintah dalam hal ini BI sudah mulai gencar melakukan sosialisasi melalui media baik media cetak maupun elektronik untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan penerapan, sistem dan Dampak Redenominasi Rupiah.

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,