Cara Mengetahui Kualitas Blog

Monday, January 14th 2013. | BLOG, BLOGGING

quality blogAda berbagai macam tools untuk mengetahui kualitas blog salah satunya adalah dengan menggunakan addon seoquake, namun kali ini saya akan memposting tentang cara mengetahui kualitas blog dengan menggunakan sebuah situs yang akan mendeteksi faktor yang menetukan kualitas blog diantaranya Pagerank, Alexa rank, usia blog dan lain-lain. Pada dasarnya blog/website yang berkualitas secara garis besar kualitasnya ditentukan oleh 2 faktor yakni Pagerank dan alexa rank, namun tentu saja hasil akhir yang sangat menentukan adalah visitor atau pengunjungnya.

Kualitas blog yang terbentuk tentu saja tidak terlepas dari penerapan ilmu Seo dari si empunya blog sehingga memperoleh hasil yang maksimal. Terlepas dari semua itu, tergantung dari tujuan seseorang untuk apa mereka ngeblog dan tidak memperdulikan kualitas blognya. Ada yang membuat blog hanya untuk menumpakan perasaannya, ada yang sekedar menjadikan sebagai pengisi waktu, sebagai hobby atau tidak sedikit yang menjadikannya sebagai lahan untuk mencari uang di dunia maya. So… tidak ada batasan maupun paksaan untuk apa anda ngeblog. enjoy aja selagi itu tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Kali ini saya akan memberikan sebuah tools yakni sebuah situs untuk mengetahui kualitas blog secara garis besarnya  yakni www.cekpr.com. Tools ini cukup simpel dan praktis menurut saya untuk mendeteksi kualitas blog, dan satu hal lagi bahwa situs ini milik orang Indonesia. Ini juga yang membuat saya enjoy menggunakan tools yang satu ini. Cara menggunakannya cukup anda masuk dulu ke situsnya www.cekpr.com lalu pada kotak search anda masukkan domain atau situs yang ingin anda ketahui kualitasnya, lalu centang Show link popularity, selanjutnya klik search. berikut ini tampilan dari hasil analisis cekPR terhadap blog saya :

cek PR

Keterangan :

  1. Pagerank merupakan tingkatan kualitas yang diberikan oleh google berdasarkan kualitas artikel dan backlink sebuah blog, semakin besar semakin bagus kualitasnya (rentang 1 sampai 10), jadi jika anda mempunyai blog dengan pagerank 10 berarti itu kualitasnya sangat bagus/baik di mata google.
  2. Validitas page rank. ada 2 jenis page rank, yakni pagerank Valid dan fake. anda tentu tau mana yang lebih baik.
  3. Alexa Traffict Rank : peringkat blog di seluruh dunia dimana alexa memiliki otoritas untuk menentukan ranking setiap blog atau situs apapun. semakin kecil jumlah alexa rank semakin baik. (rentang 1 sampai 24 juta). untuk saat ini google dan facebook berada di urutan 1 dan 2 (alexa rank = 1 & 2)
  4. Domain age : Umur domain.. Semakin tua, semakin baik

Mungkin ke-4 kriteria tersebut yang akan menggambarkan secara keseluruhan kualitas sebuah blog. Namun terlepas dari semua itu, hal yang paling diharapkan oleh seorang blogger adalah pengunjung yang banyak. Dan semakin banyak pengunjung blog anda, akan diterjemahkan dalam alexa rank di buktikan dengan semakin menyusutnya jumlah alexa rank. Perlu anda ketahui bahwa untuk mendapatkan pengunjung yang banyak, anda harus menerapkan ilmu seo agar postingan blog anda banyak tampil di halaman depan google. pengunjung yang baik untuk blog adalah berasal dari search engine seperti google, yahoo, dan bing. Ini anda bisa deteksi melalui histat yang terpasang di blog anda, kalo belum terpasang silahkan pasang dulu histatnya, dari sana anda akan mengetahui berapa pengunjung anda, dari mana asalnya, melalui apa dia berkunjung (bisa dari sosial media atau search engine), dan berapa persentase pengunjung lama dan yang baru, dan lain-lain.

Saya rasa cukup sampai di sini dulu untuk penjelasan mengenai Cara Mengetahui Kualitas Blog.

tags: , ,