Menyusuri Keindahan Panorama Danau Matano

Thursday, July 25th 2013. | DANAU, TRAVEL

Danau-MatanoDanau Matano merupakan salah satu tempat Wisata yang terletak di Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan tepatnya di Kota Soroako. Jika anda berangkat dari Kota Makassar, butuh waktu hingga kurang lebih 11 Jam dengan menggunakan mobil bus angkutan dalam provinsi dan semua kepenatan anda dipastikan akan terbayar setelah anda tiba di Danau matano dengan panorama yang begitu indah dan tentu saja dengan tampilan airnya yang masih jernih dan bening dan alami.

Beberapa waktu lalu, saya berkunjung ke Malili Ibukota Kabupaten Luwu Timur dalam sebuah kegiatan Pelatihan Taruna Siaga Bencana (Relawan Bencana Kementerian Sosial). Setelah proses pelatihan selesai, kami diajak oleh Panitia setempat untuk berkunjung ke Danau Matano. Nah, Bak dayung bersambut, saya berucap dalam hati bahwa ini kesempatan yang tidak boleh disia-siakan karena kebetulan saya belum pernah ke sana dan taunya bahwa Danau Matano itu Indah hanya dari cerita orang dan beberapa gambar di Internet.

Singkat cerita, saya bersama rekan-rekan di temani oleh beberapa panitia setempat segera menuju ke Danau Matano dengan mengendarai 3 buah mobil. Dalam perjalanan kami disuguhkan pemandangan yang indah sepanjang jalan menuju ke Danau Matano yang melewati bukit dan pegunungan dengan kondisi jalan yang cukup baik dan tiba-tiba mobil pemandu yang berada di depan berhenti pada sebuah tempat di atas pegunungan di mana terdapat air terjun yang terletak di pinggir jalan walaupun volume airnya tidak begitu besar namun cukup indah untuk ukuran air terjun, dan Pastinya kami tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk berfoto bersama di tempat ini. Berikut ini foto kami di air terjun yang saya maksud :

Air Tejun Soroako

Air Terjun Soroako

Setelah puas mengabadikan momen indah tersebut, kami melanjutkan perjalanan menuju ke Danau Matano, dan tak sabar rasanya untuk menikmati airnya yang jernih dan alami. Dalam perjalanan, kami menyaksikan beberapa mobil pengangkut hasil tambang Nikel yang dikelola oleh PT. INCO di Soroako. Dan tidak lama berselang kami telah memasuki wilayah Perusahaan PT. INCO dengan berbagai kesibukan karyawannya dan ini menandakan Danau Matano semakin dekat. Dari pusat lokasi perusahaan menuju Danau Matano tampak beberapa bangunan yang menyerupai Villa yang sebenarnya adalah Mess untuk karyawan PT.INCO menghiasi pinggir jalan dan tertata rapi.

Tiba-tiba mobil yang memandu kami berbelok ke arah kanan dan memasuki sebuah lokasi seperti pinggir pantai yang sangat indah. Dan inilah Danau Matano yang banyak diceritakan orang-orang. Tanpa pikir panjang saya segera keluar dari mobil dan langsung menuju ke sebuah tempat yang menyerupai dermaga kecil yang sebenarnya adalah fasilitas rekreasi yang disiapkan oleh pengelola dan tidak lepas dari sumbangsih dari PT. INCO untuk mengelola Lokasi Wisata Danau Matano ini.

Air Danau Matano

Saya dan beberapa teman tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk segera mandi dan menyelami Danau Matano yang jernih dan hampir tidak pernah terlihat adanya sampah dalam air. Dari dermaga kecil ini, tampak di kejauhan sana pegunungan yang hijau menambah keindahan panorama Danau ini. Di salah satu bagian Dermaga telah disiapkan sebuah papan lompatan dan pastinya tidak saya sia-siakan untuk bersalto ria di papan lompatan ini.

Danau Matano

Danau Matano

Tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 17.40 Wita dan kami merasa sudah cukup puas menikmati keindahan alam Danau Matano dan tentu saja dengan airnya yang jernih, bening dan alami. Akhirnya Rombongan kami berkemas untuk kembali ke Kota Malili dan selanjutnya menuju Kota Makassar. Demikianlah pengalaman pribadi saya dalam menyusuri keindahan Danau Matano.

tags: , , , ,