Pendaftaran CPNS 2013 Telah Dibuka

Tuesday, September 3rd 2013. | BERITA, NASIONAL

Pendaftaran CPNS 2013 resmi telah dibuka untuk seluruh instansi mulai dari tanggal 1 hingga 20 Semptember tahun ini. Meski demikian, tidak serta-merta seluruh instansi membuka pendaftaran online CPNS 2013 secara serentak bahkan pihak BKN sendiri baru meluncurkan situs resmi pendaftaran Online CPNS pada hari ini tanggal 3 September 2013. Padahal seharusnya hal ini sudah dapat diantisipasi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) sejak dari awal agar semuanya berjalan sesuai dengan agenda. Hal ini mungkin terjadi karena beberapa instansi belum siap dengan perangkat dan sistem yang akan di publikasikan ke masyarakat.

cpns 2013

CPNS 2013

Setelah beberapa instansi atau lembaga mengajukan format dan quota ke BKN, maka hari ini resmi telah dibuka situs Online untuk pendaftaran CPNS 2013 melalui link http://sscn.bkn.go.id/ yang didalamnya telah disajikan beberapa menu diantaranya :

  1. Informasi Terkait Pendaftaran CPNS 2013
  2. Pengumuman Pendaftaran di Instansi Pemerintah
  3. Kumpulan Peraturan Seleksi CPNS 2013
  4. Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS 2013
  5. Prosedur Seleksi CPNS Nasional
  6. Petunjuk Pendaftaran CPNS Nasional
  7. Pendaftaran CPNS Nasional
  8. Hasil Seleksi CPNS Nasional

Untuk melakukan registrasi, anda bisa langsung masuk ke link http://sscn.bkn.go.id/ActionServlet?page=daftar dan mengisi data anda sesuai dengan petunjuk yang telah diberikan pada poin 6 di atas. Saran saya, sebelum melakukan pendaftaran secara online, sebaiknya anda membaca terlebih dahulu petunjuk yang telah di jelaskan dan gunakan data abal-abal dulu untuk melakukan uji coba sebelum anda melakukan pendaftaran dengan data sesungguhnya dan jika sudah berhasil, anda boleh mendaftar dengan data anda.

Beberapa Instansi yang terdaftar untuk menjadi pilihan bagi pelamar CPNS 2013 diantaranya :

  1. Kementerian Koperasi dan UKM
  2. Kementerian Sekretariat Negara
  3. Sekretariat Jenderal DPR
  4. Badan Kepegawaian Negara
  5. Sekretariat Kabinet
  6. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)
  7. Badan SAR Nasional (BASARNAS)
  8. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan
  9. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat
  10. Pemerintah Kota Depok
  11. Pemerintah Kota Tangerang Selatan
  12. Pemerintah Provinsi NTT
  13. Pemerintah Provinsi Maluku
  14. Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara
  15. Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

Dan kemungkinan jumlah instansi di atas masih akan bertambah dan insya Allah saya akan update kembali. Dan saat ini beberapa instansi tersebut belum terupdate secara penuh perangkat dan sistem pendaftaran online dan oflinenya, diharapkan beberapa hari ke depan semua sudah fix dan daftar seluruh Instansi sdh lengkap untuk seluruh instansi yang ada.

Sementara itu, Kementerian Sosial (KEMENSOS) juga telah mengumumkan penerimaan CPNS 2013 melalui websitenya yang bisa anda akses di https://cpns.kemsos.go.id/index.php/home/ctndtl/5  dan akan membuka form pendaftaran onlinenya dapat anda bukan pada link https://cpns.kemsos.go.id/index.php/signup. Kemensos sendiri akan membuka lowongan untuk 4 Wilayah masing-masing :

  1. Wilayah IMeliputi Unit Kerja PSAA “Alyatama” Jambi, PSAA “Darussa’adah” Nanggroe Aceh Darussalam, PSBD “Bahagia” Sumatera Utara, PSBD “Budi Perkasa” Palembang, PSBL “Dharma Guna” Bengkulu dan PSBR “Rumbai” Pekanbaru;
  2. Wilayah IIMeliputi Unit Kerja Ditjend. Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan, Ditjend. Perlindungan dan Jaminan Sosial, Ditjend. Rehabilitasi Sosial, Pusat Pembinaan Jabfung Pekerja Sosial dan Penyuluh Sosial, Pusat Penyuluhan Sosial, PSPA “Satria” Baturaden, PSAA “Tunas Bangsa” Pati, PSBG “Ciung Wanara” Bogor, PSBL “Phala Martha” Sukabumi, PSBN “Tan Miyat” Bekasi, PSBN “Wyata Guna” Bandung, PSBR “Bambu Apus” Jakarta, PSBRW “Melati” Jakarta, PSKW “Mulya Jaya” Jakarta, PSMP “Antasena” Magelang, PSMP “Handayani” Jakarta, PSMP “Paramita” Mataram, PSPP “Galih Pakuan” Bogor, dan PSTW “Budi Dharma” Bekasi;
  3. Wilayah IIIUnit Kerja PSBL “Budi Luhur” Banjarbaru;
  4. Wilayah IVMeliputi Unit Kerja PSBG “Nipotowe” Palu, PSBN “Tumou Tou” Manado, PSBPLK “Wasana Bahagia” Ternate, PSBR “Naibonat” Kupang, PSBRW “Efata” Kupang, PSBRW “Meohai” Kendari, PSMP “Toddopuli” Makassar, PSTW “Gau Mabaji” Gowa, dan PSTW “Minaula” Kendari.

Demikianlah Informasi CPNS 2013 ini dan semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk menjadi abdi negara. Insya Allah postingan ini akan saya update jika masih ada tambahan info lainnya dan mohon beri masukan jika sekiranya dari pihak pembaca mendapatkan informasi Pendaftaran CPNS 2013 lainnya.

tags: , ,