Berhati-hatilah Membagikan Video di Facebook

Thursday, January 16th 2014. | INTERNET, TEKNOLOGI

Avideo facebook penipukhir-akhir ini, banyak video di Facebook yang dibagikan oleh orang lain dan mengundang rasa penasaran kita untuk menonton video tersebut karena dikemas dengan thumbnail atau sampul gambar yang menarik. Trik ini merupakan dilakukan oleh orang scammer (penipu) di internet. Mereka akan memaksa pengguna Facebook untuk berbagi halaman web tersebu sebelum mereka dapat mengakses konten yang ditampilkan, padahal itu hanyalah sebuah trik rekayasa sosial yang populer untuk menipu.

Setelah membuka halaman video di facebook tersebut maka anda akan diarahkan (dipaksakan) untuk membagikannya untuk dapat mengakses video tersebut. Padahal ada efek negatif yang akan timbul pada akun anda jika sekiranya anda melanjutkan instruksinya berupa sisipan malware atau virus ataupun data akun anda akan disisipi oleh pihak yang telah membuat template tersebut sehingga secara tidak sadar akun anda telah berbagi halaman dengan teman-teman jaringan sosial anda.

Template yang sama juga digunakan dalam bentuk penipuan yang lain, termasuk penipuan yang mengaku akan memberikan voucher gratis, kupon atau bahkan hadiah gadget terbaru dengan modus yang serupa yakni untuk mendapatkan hadiah tersebut, pengguna diminta untuk berbagi halaman pada timeline Facebook mereka terlebih dahulu.

Sebuah varian penipuan online yang populer saat ini hadir dengan judul “97 Percent of People Can’t Watch This for More than 10 Seconds (97 Persen Orang tidak dapat menonton video ini lebih dari 10 detik)”, dengan sampul video seekor buaya yang menggigit potongan lengan manusia yang telah terpisah dari tubuhnya.

Video Facebbok : Buaya Makan Manusia

Video di Facebook : Buaya Makan Manusia

Dan untuk menjerat pengguna dalam aksi penipuan ini, mereka telah meletakkan aspek rekayasa sosial yang cukup cerdik. Pengguna diumpan (phising) dengan sebuah video di facebook yang menarik dan memaksa mereka untuk berbagi video dengan teman-teman mereka sebelum mereka dapat melihatnya . Dengan begitu, penipu akan mengeksploitasi dan menguasai akun mereka setelah mengklik tombol share. Umumnya pengguna kemudian diminta untuk mengisi kuesioner yang berisi informasi pribadi mereka, dan selanjutnya akan menuju ke modus penipuan uang. Yaitu penipuan survei.

Tidak hanya sampai di situ, penipuan akan berlanjut lebih buruk dari yang anda perkirakan. Mereka dapat meminta anda untuk mengunduh ekstensi browser berbahaya atau jenis malware ke komputer sehingga mereka dapat mengintai aktifitas yang anda lakukan pada komputer atau laptop anda sehingga banyak kemungkinan terburuk yang akan terjadi pada anda termasuk pencurian identitas atau penipuan.

Saran saya, Hati-hati dengan yang Anda klik ketika menggunakan Facebook dan jangan pernah Berbagi video untuk melihatnya.

1. Saya  mengklik salah satu link video di Facebook tersebut . Apakah ini berarti komputer saya terjankit virus?

Belum tentu, karena tidak cukup dengan mengklik link di Facebook komputer Anda akan terinfeksi, Bahkan sebagian besar jenis penipuan ini tidak menginstal semua jenis malware sama sekali. Kemungkinan itu terjadi bila mana diminta untuk men-download sebuah file ke komputer anda terlebih dahulu dan anda melakukannya. Namun jika anda ragu dengan hal tersbut, silahkan lakukan scan ke komputer anda dengan menggunakan anti virua yang tentu saja dengan update terbaru untuk memastikan bahwa komputer anda aman-aman saja.

2. Akun saya terus melakukan posting link spam. Apakah itu berarti saya memiliki malware ?

Mungkin. Akun yang memposin sendiri adalah merupakan efek dari beberapa kasus yang berbeda, salah satunya adalah malware atau ekstensi browser nakal. Ingat! bahwa penipuan yang melibatkan Anda untuk mengklik tombol Share, artinya jika akun anda memposting link spam hanya sekali, maka hal itu terjadi karena anda telah mengklik tombol Share, bukan karena malware atau ekstensi browser. Namun jika account anda melakukan posting berkali-kali sepanjang waktu tanpa mengklik tombol apapun Share, itu artinya akun anda telah dikuasai dan segera lakukan tindakan dengan mengganti pasword akun FB anda, menscan komputer anda dan menghapus ekstensi browser yang anda curigai.

3. Bagaimana cara menonton video tersebut tanpa mengklik tombol share?

Tidak bisa. Itu hanya akal-akalan si penibu belaka. Anda dapat melakukan pencarian video yang sama tersebut di youtube atau di situs penyedia video (video hosting) untuk menontonya. Silahkan masukkan kata pencarian yang mendekati dengan video yang membuat anda penasaran tersebut, misalnya “crocodile eat man arm”, “Alligator Eats Kid’s Arm”, dan lain-lain. Dan jika anda masih saja nekad membagikan video tersebut, maka hal itu akan menjadi berantai secara terus-menerus dan menggelinding bak bola salju yang semakin lama semakin membesar. So, Berhati-hatilah Membagikan Video di Facebook.

tags: , , ,