Sekapur Sirih HUT Tagana (Taruna Siaga Bencana) ke-10

Wednesday, March 26th 2014. | SERBA-SERBI

Sekapur Sirih

Assalamu alaikum warahmatulllahi wabarakatuh dan salam sejahtera untuk kita semua
Are you ready..? 3X
Siapa Kita?

Malam ini, kita berkumpul di tempat yang berbahagia ini dalam rangka memperingati 1 dekade Taruna Siaga Bencana (TAGANA) yang jika kita renungi bersama adalah merupakan momentum yang akan menjadi catatan sejarah di masa yang akan datang dimana tongkat estafet akan terus dan terus kita rangkai kepada penerus kita.

Dalam perjalanannya, berbagai catatan prestasi dan pengabdian kepada masyarakat telah kita ukir bersama, dan malam ini kita bingkai dalam suatu temu ramah tamah dengan tema “Solid, Peduli, Demi Kemanusiaan”.

Sebagai wujud bakti kita kepada bangsa dan Negara yang kita cintai ini kita bersama rela meninggalkan keluarga dan segenak rutinitas kita demi sebuah bentuk empati kepada saudara kita yang mengalami penderitaan di daerah bencana.

Fitrah kita sebagai manusia hendaklah memiliki kepedulian dan nilai keikhlasan yang menjadi modal utama dalam mengabdikan diri kepada masyarakat. Dan sebagai relawan, haruslah mengedepankan rasa ikhlas karena “jika kita berbuat tanpa dibarengi dengan rasa ikhlas, maka bersiaplah untuk kecewa”.

Eksistensi Tagana di mata masyarakat telah mendapatkan apresiasi yang baik dan nama yang harum berkat aksi-aksi sosial dan bakti teman-teman sekalian dalam penanggulangan bencana. Maka janganlah membiarkan bau harum ini menjadi hambar atau bahkan menjadi busuk karena ulah dan perbuatan kita yang tidak pantas untuk menjadi teladan. “Kita tak perlu seindah mawar namun cukup seharum melati”.

Jika tlah kita torehkan lukisan dari tinta emas, maka janganlah biarkan kita ataupun orang lain menceburkannnya dalam lumpur. Oleh sebab itu, tugas berat kita menjaga kanvas tersebut untuk dibingkai dan dan diletakkan pada tempat yang terhormat.

Akhirnya, melalui momentum yang bersejarah ini, marilah kita sama-sama menyatukan persepsi dan saling bergenggaman tangan menyonsong masa yang akan datang demi sebuah misi kemanusiaan dalam penanggulangan bencana. Mereka butuh kita, mereka butuh uluran tangan kita, mereka rindu kehadiran kita. Olehnya itu, kita harus menjadi yang pertama dalam memberikan pertolongan dan peduli akan penderitaan mereka.

Are You Ready?

Kepala Dinas Sosial
Provinsi Sulawesi Selatan

Ir. H. SUWANDI, M.Si

tags: , ,