Pantai Kartini, Pesona Tempat Liburan Keluarga di Jepara

Monday, May 19th 2014. | TRAVEL

Para traveller, pasti pada tahu kan kalo Indonesia punya pahlawan yang memperjuangkan emansipasi wanita? Iya, beliau adalah ibu kita Kartini. Seorang wanita yang berjuang keras untuk kemajuan wanita di Indonesia ini dimakamkan di Jepara. Sebuah kota di utara pulau Jawa, tepatnya propinsi Jawa Tengah yang ternyata memiliki tempat wisata menarik dan menjadi tempat favorit bagi wisatawan, dan salah satunya adalah Pantai Kartini. Seperti apa gambaran pantaiKartini ini? Yuk, kita ikuti cerita lengkapnya di bawah ini.

Sebelum saya menceritakan asiknya liburan di pantai Kartini, kita lihat sejarahnya dulu ya. Menurut cerita orang-orang terdahulu, nama pantai Kartini ini konon berasal dari nama pahlawan wanita R.A. Kartini yang suka bermain di tempat ini bersama teman-temannya. Lokasi pantai ini memang cukup strategis sebagai tempat wisata, karena berdekatan dengan Taman Laut Nasional Karimun jawa dan Pulau Panjang. Jadi, tidak heran kalau banyak wisatawan yang mengunjungi tempat-tempat tersebut satu sama lain. Lalu, apa saja yang ada di Pantai Kartini?

Nah, sehubungan dengan pertanyaan di atas, kebetulan tahun lalu saya berhasil menginjakkan kaki di kota Ibu kartini, Jepara. Sebenarnya momen tersebut berkaitan dengan hari raya Idul Fitri atau Lebaran, di mana mayoritas masyarakat di Indonesia akan menjalankan tradisi mudik tahunan. Ya, cerita mudik ini sendiri sebenarnya mirip dari tahun ke tahunnya, di mana kita mulai dengan perencanaan waktu libur, mencari tiket transportasi atau menggunakan kendaraan pribadi ke tempat tujuan, dan menyiapkan berbagai keperluan lainnya.

Dari berbagai rencana tersebut, ada satu hal baru yang menarik, yaitu dalam hal transportasi yang digunakan. Karena tahun kemarin merupakan pertama kalinya saya dan keluarga mudik menggunakan pesawat terbang. Latar belakangnya sendiri sebenarnya lebih ditekankan kepermasalahan waktu dan rasa capek di perjalanan, karena kalau menggunakan kendaraan pribadi ke Semarang pastinya akan memakan waktu sehari bahkan lebih. Oleh karena itu, saya coba menggunakan pesawat sebagai transportasi andalan di waktu mudik, hehe.

Yang menarik dari proses ini adalah ketika mencari tiket pesawat yang sesuai budget, karena ongkos naik transportasi ini memang terkenal lebih mahal jika dibandingkan dengan yang lainnya. Oleh karena itu, proses pencarian informasi pun dimulai, dari bertanya ke teman, keluarga, travel agen, bahkan sampai ke internet. Saya juga sempat menanyakan harga tiket pesawat di agen lokal tetapi harganya cukup mahal. Hingga akhirnya saya hampir mengurungkan niat untuk menggunakan transportasi ini. Namun, pada keesokan harinya saya mendapatkan email dari Traveloka, salah satu jasa biro perjalanan yang lagi booming di Indonesia. Dari email itu, ternyata ada tips tentang mencari tiket pesawat untuk lebaran dan dari situ saya akhirnya bisa mendapatkan tiket promo Lion Air di Traveloka.com yang nota bene harga tiketnya cukup terjangkau dan lebih murah dari agen travel lainnya.Ya, walaupun sempat bingung di awal, tetapi memesan tiket via online ini ternyata sangat mudah dan praktis.

Nah, dari cerita persiapan kita lanjut ke momen utama yang dimulai setelah saya dan keluarga tiba di Semarang. Seperti biasa, kami berkumpul dengan keluarga besar dan menikmati atmosfir lebaran yang sanga meriah. Pada H+3 Lebaran, kami diajak pergi ke Jepara untuk liburan ke Pantai Kartini. Awalnya saya sempat bertanya kenapa harus ke Jepara, padahal di Semarang juga banyak tempat wisata? Dan ternyata pantai Kartini ini menjadi alasan tersendiri bagi keluarga kami di Jawa karena tempatnya yang menarik, kental dengan sejarah dan cocok untuk liburan keluarga.

Dari Semarang ke Jepara sendiri memerlukan waktu kurang lebih 1,5 jam, dan butuh waktu 15 menit lagi untuk menuju pantai Kartini dari pusat kota Jepara (kurang lebih jaraknya 2 km). Setelah sampai, kami disambut dengan keindahan alam seperti yang terlihat di gambarberikut:

pantai kartini, Jepara

Matahari yang terik tidak menyurutkan niat kami untuk bermain-main di pantai Kartini. Ombaknya yang tidak besar tentu akan sangat cocok untuk bermain air atau berenang bersama keluarga hehe. Putihnya pasir, biru dan jernihnya air laut serta bagusnya lingkungan sekitar membuat saya terpukau dan bersukur sebagai warga yang menjadi bagian dari Negara yang kaya akan keindahan alamnya.

Lalu bagaimana dengan fasilitasnya? Anda tidak perlu khawatir, karena pantai Kartini ini cukup lengkap fasilitasnya, mulai dari tempat bermain anak-anak,  kebun binatang, spoor mini atau yang lebih awam dikenal dengan kereta mini, dan juga ditambah dengan Sea world, yang dikenal dengan Kura-kura Ocean Park, seperti gambar berikut:
Kura-kura ocean parkKura-Kura Ocean Park ini memiliki berbagai macam ikan laut dan terumbu karang yang indah, sehingga anda tidak perlu pergi snorkling atau diving untuk melihat keindahan alam bawah laut di Jepara. Dan jika belum puas liburan di pantai Kartini, maka anda juga bisa berkunjung ke Pulau panjang dan Karimun jawa. Menurut orang sekitar sih hanya butuh waktu 15 menit saja. Tetapi karena waktu itu kami tidak mempunyai waktu yang banyak, maka kami tidak sempat mengunjungi tempat tersebut. Tapi bagi anda yang mempunyai waktu lebih, maka sebaiknya merasakan pengalaman liburan di Pulau Panjang dan Karimun jawa juga karena tempatnya memang patut untuk dikunjungi.

Itulah sedikit cerita saya tentang pantai Kartini di Jepara. Sebuah pantai yang indah dan memiliki nilai sejarah yang kental dengan cerita wanita pahlawan Indonesia, Ibu Kartini. Jadi, kalau anda bosan dengan pantai yang itu-itu saja dan masih bingung mau berlibur kemana? Coba deh kunjungi pantai Kartini, selain banyak wahana permainannya, tempat ini juga menjadi perantara bagi wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata lainnya. Oh ya, bagi teman-teman yang merasa mendapatkan manfaat dari artikel ini, maka mohon bantuannya untuk share via social media, agar dunia pariwisata di Indonesia lebih terkenal lagi baik di kalangan domestik maupun internasional. Terimakasih.

tags: , ,