Mengagumi Kekayaan Maritim RI di Taman Laut Terindah Sulawesi

Friday, February 27th 2015. | PANTAI, TRAVEL

Negar Indonesia merupaka negara kepulauan dengan Kekayaan laut yang melimpah dan diakui oleh dunia. Selain karena nilai eksotis bawah lautnya, keindahan taman bawah laut kita juga dilengkapi dengan berbagai spesis endemik yang memberikan nilai tersendiri bagi para pelancong  maupun para peneliti dari berbagai penjuru dunia. kehidupan dan keindahan menjadikan taman laut patutlah menjadi kebanggaan kita semua dan wajib untuk kita lindungi dan lestarikan.

Taman Laut Sulawesi

Salah satu destinasi terbaik menikmati keindahan alam lautan Indonesia ada di Sulawesi. Pulau terbesar ke 11 di dunia ini memiliki kekayaan laut yang luar biasa, yang dijaga dan dipelihara dengan taman lautnya yang terkenal ke seluruh dunia. Terbanglah ke Sulawesi karena Anda bisa menjelajah ke banyak taman laut indah sekaligus. Salah satu maskapai yang bisa mengantar Anda ke titik-titik menarik di Sulawesi adalah Aviastar Mandiri. Maskapai perintis ini mampu mengantar Anda hingga ke beberapa titik pelosok Sulawesi yang masih sulit dijangkau maskapai besar. Walaupun kalah besar dengan maskapai nasional lainnya, tetapi jadwal dan pemesanan tiket maskapai Aviastar juga mudah ditemukan di layanan OTA maupun agen lokal yang tersebar di berbagai daerah.

Di Sulawesi, rekam lukisan alam mahakarya sang Agung terdapat di 3 taman laut terindah di Sulawesi berikut ini.

1. Bunaken – Sulawesi Utara
Taman nasional yang membentang seluas 89.065 hektar ini dapat Anda temukan 40 menit (jalur laut) dari pusat kota Manado. Terdapat banyak gugus pulau dalam taman nasional ini, dimana yang paling terkenal adalah Bunaken dan Siladen.

Pulau Bunaken memiliki 20 titik selam. Laut Bunaken menjadi habitat untuk 13 jenis terumbu karang, 91 jenis ikan (salah satunya koi putih, goropa, dan lolosi ekor kuning), serta moluska. Sisi paling menariknya adalah terumbu karang vertikal yang menjorok terjal ke dasar laut hingga sedalam 25-30 meter. Sementara, Pulau Siladen yang luasnya mencapai 31,25 hektar juga memberikan keindahan laut yang sempurna. Keindahan tersebut bisa dinikmati dari atas perahu yang beralas kaca bening. Pulau Siladen memiliki 2 titik penyelaman terbaik, yaitu Siladen dan Siladen Utara. Kedalamannya sekitar 20-50 meter dan salah satunya pemandangan uniknya adalah bentangan terumbu karang yang berbentuk serupa rak buku dengan ikan-ikan di antara sekatnya.

2. Togean – Sulawesi Tengah
Kepulauan Togean berada di kawasan Teluk Tomini. Kepulauan ini terletak di kabupaten Toko Una-Una, kota Palu. Luas laut di Taman Nasional Togean mencapai 292.000 hektar. Dengan bentang kepulauan sepanjang 90 kilometer, Kepulauan Togean memiliki 60an pulau. Pulau terbesarnya meliputi Malenge, Una-Una, Batudaka, Waleakodi, Talatakoh, dan Waleabahi.

Kepulauan Togean diapit pulau karang sehingga mengingatkan kita pada pulau Phi-Phi di Thailand. Keindahan Togean sangat sempurna karena pulau ini menjadi satu-satunya di Indonesia yang memiliki 4 lingkungan karang, yaitu karang atol (pulau karang dengan danau di tengahnya), karang benteng (deretan karang setinggi 200 di dalam laut yang muncul di permukaan seperti sebuah benteng), karang tepi, dan karang tompok.

Kepulauan Togean juga merupakan habitat paus pilot, pari manta, kima raksasa, dan hiu karang abu. Kesuburan lautnya terbukti dengan keberadaan 35 spesies ikan kupu-kupu yang merupakan indikator kealamian terumbu karang. Keindahan tak hanya berasal dari biota laut alami, tetapi juga keberadaan reruntuhan pesawat B-24 miliki sekutu yang jatuh saat perang dunia ke-2. Reruntuhan tersebut kini menjadi karang rumah ribuan biota laut. Anda bisa menemukannya sekitar 16 kilometer di timur laut pulau Una-Una.

3. Wakatobi – Sulawesi Tenggara
Nama Wakatobi dibentuk dari nama pulau-pulau yang berada di gugus kepulauannya. Pulau tersebut adalah Wangi-wangi, Kalidupa, Tomia, dan Binangko. Taman nasional Wakatobi ini membentang seluas 1,39 juta hektar dengan 750 spesies koral dari 850 spesies di dunia hidup dengan subur di kerajaan bawah lautnya.

Anda bisa bertemu dengan paus sperma jika mengunjungi Wakatobi. Paus yang bersahabat ini biasanya muncul pada bulan November. Bulan tersebut adalah saat-saat perairan di beberapa belahan bumi yang menjadi habitat puas sperma membeku sehingga mereka bermigrasi sejenak ke Wakatobi.

Pulau Wangi-wangi menjadi salah satu yang terpopuler karena merupakan rumah bagi penyu sisik, penyu tempayan, dan penyu lekang. Selain paus sperma dan penyu, Anda juga bisa menyaksikan pari manta raksasa berenang tenang di laut Wakatobi.

Kepopuleran Wakatobi berhasil menembus dunia semenjak diadakan pengibaran bendera merah putih pada ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke 65 lalu. Sebanyak 60 penyelam dari 40 negara di dunia yang tergabung dalam Sail Banda mengibarkan bendera merah putih di perairan Wakatobi pada 17 Agustus 2010 dan menjadikannya sebagai salah satu momen paling bersejarah untuk kepulauan ini.

tags: , , ,